PRIJAYANTI, SIWI MAHANANI (2025) BUKU ILUSTRASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR PENGENALAN EMOSI EKSPRESI PADA ANAK AUTISME STUDI KASUS: SISWA SLB AUTIS ALAMANDA SURAKARTA. S1 thesis, ISI Surakarta.
![]() |
Text
Siwi Mahanani Prijayanti.pdf Download (957kB) |
Abstract
Data Kemenkes mengatakan bahwa berdasarkan data terakhir tahun 2021 kenaikan drastis anak dengan autisme mencapai 2,4 juta penderita, dengan lonjakan pertumbuhan 1:500 orang per tahunnya yang dalam kesehariannya mengalami kesulitan dalam membedakan dan mengungkapkan emosi ekspresinya. Beberapa topik pembelajaran kurikulum Sekolah Luar Biasa yang memenuhi syarat yang perlu diberikan pada siswa di antaranya pengembangan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Anak dengan autisme memiliki emosi yang tidak stabil sehingga akan lebih sulit untuk mengajarkan mereka dengan secara langsung karena dapat menyebabkan gejolak emosi itu bertentangan dengan keinginan anak itu sehingga terbentuklah ide untuk membuat media belajar yang menarik bagi siswa SLB Autis Alamanda untuk belajar emosi ekspresi yaitu dengan menggunakan buku ilustrasi soft book interaktif yang memungkinkan pengguna untuk mengenal berbagai macam ekspresi yang ada pada diri manusia dengan mengimplementasikannya di kehidupan sehari hari yang memadukan unsur permainan puzzle agar lebih menarik minat anak yang perancangannya menggunakan metode perancangan ADDIE dengan pengumpulan jenis data primer dan sekunder. Selain itu juga menggunakan metode AISAS sebagai acuan dalam menciptakan media promosi yang menarik. Perancangan buku melalui pengawasan pihak guru dan ahli psikolog SLB Autis Alamanda Surakarta. Kata Kunci: autisme, emosi ekspresi, media belajar, SLB Autis Alamanda Surakarta
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | Raden Lalan Fuandara |
Datestamp: | 15 Jul 2025 08:45 |
Last mod: | 15 Jul 2025 08:45 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7442 |
Actions (login required)
![]() |
View item |