PRASTIO, KRISTIAN DENY (2018) MAKNA PARADOKS IKLAN MEDIA LUAR RUANG A MILD EDISI GO A HEAD VERSI PIKIR PENDEK. S1 thesis, ISI Surakarta.
|
Text
Laporan TA Skrispi_Kristian Deny Prastio_12151133.pdf Download (570kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Setiap iklan memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada konsumennya, untuk memahami pesan tersebut, perlu untuk memaknai setiap tanda yang ada pada sebuah iklan termaksut gaya bahasa yang digunakan. Penelitian ini akan menguraikan tanda dan makna yang ada dalam iklam A Mild edisi Go A Head versi Pikir Pendek. Objek penelitiannya adalah iklan media luar ruang A Mild edisi Go A Head versi Pikir Pendek. Data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan Semioland Roland Barthes. Penggunaan tagline Pikir Pendek diilustrasikan dengan visual remaja yang melompat dari tebing ke dalam laut. Makna pertentangan akan muncul jika makna dari visual tersebut dibenturkan dengan tagline Go A Head. Penerapan gaya bahasa paradoks untuk memunculkan makna pertentangan dalam situasi tersebut akan nampak jelas jika dipahami secara lebih dalam dengan membongkar tanda dan makna yang dilesapkan oleh pembuat pesan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | billboard, Semiotika Roland Barhers , Paradoks |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 07 Jul 2022 07:20 |
Last mod: | 07 Jul 2022 07:20 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5474 |
Actions (login required)
View item |