MAKNA PARADOKS IKLAN MEDIA LUAR RUANG A MILD EDISI GO A HEAD VERSI PIKIR PENDEK

Downloads

Downloads per month over past year

PRASTIO, KRISTIAN DENY (2018) MAKNA PARADOKS IKLAN MEDIA LUAR RUANG A MILD EDISI GO A HEAD VERSI PIKIR PENDEK. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan TA Skrispi_Kristian Deny Prastio_12151133.pdf

Download (570kB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Abstrak Setiap iklan memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada konsumennya, untuk memahami pesan tersebut, perlu untuk memaknai setiap tanda yang ada pada sebuah iklan termaksut gaya bahasa yang digunakan. Penelitian ini akan menguraikan tanda dan makna yang ada dalam iklam A Mild edisi Go A Head versi Pikir Pendek. Objek penelitiannya adalah iklan media luar ruang A Mild edisi Go A Head versi Pikir Pendek. Data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan Semioland Roland Barthes. Penggunaan tagline Pikir Pendek diilustrasikan dengan visual remaja yang melompat dari tebing ke dalam laut. Makna pertentangan akan muncul jika makna dari visual tersebut dibenturkan dengan tagline Go A Head. Penerapan gaya bahasa paradoks untuk memunculkan makna pertentangan dalam situasi tersebut akan nampak jelas jika dipahami secara lebih dalam dengan membongkar tanda dan makna yang dilesapkan oleh pembuat pesan.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: billboard, Semiotika Roland Barhers , Paradoks
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 07 Jul 2022 07:20
Last mod: 07 Jul 2022 07:20
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View item View item