MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF: ISLAMIC BOARD GAME BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Rizkizha, Ditya Fajar and Rizqi, Wahid Tuftazani and Hamzah, Taufiq Ramadian (2024) MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF: ISLAMIC BOARD GAME BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img] Text
Ditya Fajar Rizkizha - Copy - Copy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (983kB)
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Pada dasarnya manusia diciptakan sebagai makhluk bertuhan. Kewajiban sesudahnya adalah bagaimana upaya untuk terus meningkatkan ketakwaan dan keimanan yang dimilikinya. Hal ini berlaku bagi siapapun, tak terkecuali pada anak berkebutuhan khusus. Peningkatan ketakwaan ini bisa dilakukan melalui pembelajaran di kelas, sehingga proses pembelajaran sebaiknya dilakukan dengan suasana yang menarik dan menyenangkan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat board game yang sesuai dengan target audience berupa anak tunagrahita. Penelitian ini akan memadukan beragam disiplin ilmu yang berperan dalam merancang sebuah permainan sebagai solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada, berupa lintas bidang desain produk, desain komunikasi visual dan bidang ilmu agama Islam yang akan sangat memperhatikan perencanaan dan perancangan media edukasi dan informasi berupa permainan anak yang tidak terlepas dari aspek organisasi bidang dan organisasi visual. Kombinasi dari kedua bidang tersebut dapat merangsang pembelajaran aktif pada Anak Berkebutuhan Khusus tunagrahita. Berdasarkan latar belakang tersebut kemudian dilakukan upaya menawarkan solusi berupa perancangan media permainan anak dengan konten Islam sebagai media untuk merangsang pembelajaran aktif pada Anak Berkebutuhan Khusus tunagrahita yang dapat digunakan sebagai media penyampaian informasi dan permainan sehingga pembelajaran dapat menyenangkan. Menggunakan metode dari Luther, board game yang diciptakan diharapkan benar-benar akan sesuai dengan anak tunagrahita yang merupakan target audience dari penelitian ini.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Board Game, Tunagrahita, Multimedia, Ilustrasi.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 16 Sep 2025 05:29
Last mod: 16 Sep 2025 05:29
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7774

Actions (login required)

View item View item