i MEDIA VIRTUAL REALITY SEBAGAI DISTRAKSI KECEMASAN ANAK USIA 6-13 TAHUN PADA PROSES SUNAT KONVENSIONAL MELALUI PERANCANGAN ANIMASI 2D “MISI SPESIAL ALI“

Downloads

Downloads per month over past year

HIDAYAT, PUTRA AKBAR WAHYU (2024) i MEDIA VIRTUAL REALITY SEBAGAI DISTRAKSI KECEMASAN ANAK USIA 6-13 TAHUN PADA PROSES SUNAT KONVENSIONAL MELALUI PERANCANGAN ANIMASI 2D “MISI SPESIAL ALI“. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
Putra Akbar Wahyu Hidayat - UP.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

iv ABSTRAK Putra Akbar Wahyu Hidayat, 191511054, 2024. Media Virtual Reality Sebagai Distraksi Kecemasan Anak Usia 6-13 Tahun Pada Proses Sunat Konvensional Melalui Perancangan Animasi 2D “Misi Spesial Ali”. Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta Sirkumsisi atau sunat merupakan tindakan bedah yang umum dilakukan di seluruh dunia khususnya bagi masyarakat beragama muslim. Di Indonesia sendiri, sunat banyak dilakukan pada saat anak menginjak usia sekolah antara 6-13 tahun. Manfaat dari sunat atau sirkumsisi sendiri tidak lain adalah mencegah masalah kesehatan dan kebersihan alat reproduksi. Namun sering kali pada proses tindakan sirkumsisi, anak-anak merasa cemas dan takut. Faktor terbesar anak-anak merasa gelisah dan cemas adalah ketakutan akan rasa sakit dan nyeri ketika proses sirkumsisi berlangsung. Kecemasan ini dapat berpengaruh pada proses sunat berlangsung dan dapat beresiko terjadi hal-hal berbahaya saat tindakan dilakukan. Distraksi dari luar merupakan salah satu upaya dalam menurunkan kecemasan pada anak ketika sunat, seperti teknik distraksi dengan memanfaatkan audio visual seperti animasi 2D. Distraksi ini mampu memaksimalkan pengalihan fokus anak ke hal-hal lainnya seperti gambar dan suara. Animasi 2D yang digunakan sendiri merupakan kumpulan gambar yang dibuat dan disusun sesuai dengan cerita yang ada menjadi suatu bentuk gerakan dalam sebuah adegan atau scene. Animasi 2D sangat lekat dengan anak-anak karena sifatnya yang menghibur dan lucu, dari segi cerita maupun karakter di dalamnya. Perancangan animasi ini menggunakan metode Design Thinking (Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing) untuk menemukan solusi dari permasalahan yang terjadi Perancangan animasi 2D ini didukung dengan penggunaan media virtual reality (VR) untuk memaksimalkan distraksi ketika proses sunat atau sirkumsisi ini berlangsung. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, dirancanglah sebuah media virtual reality (VR) melalui perancangan animasi “Misi Spesial Ali” untuk membantu mendistraksi kecemasan dan ketakutan anak-anak ketika proses sunat. Cerita dalam animasi 2D yang dibuat disusun sedemikian rupa untuk membantu anak dalam mengalahkan ketakutannya sehingga dapat memaksimalkan distraksi kecemasan pada saat tindakan sunat berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Sunat, Animasi 2D, Distraksi, Virtual Reality
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 04 Nov 2024 07:06
Last mod: 04 Nov 2024 07:06
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6861

Actions (login required)

View item View item