DIFUSI IDEOLOGI BAUHAUS DALAM REFORMULASI NEW TYPOGRAPHY PADA PRODUK GRAFIS GARUDA INDONESIAN AIRWAYS TAHUN 1969-1985

Downloads

Downloads per month over past year

PILIANG, NOVAL DHANA ARDHANI (2024) DIFUSI IDEOLOGI BAUHAUS DALAM REFORMULASI NEW TYPOGRAPHY PADA PRODUK GRAFIS GARUDA INDONESIAN AIRWAYS TAHUN 1969-1985. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
201511062_Noval Dhana Ardhani Piliang_UP.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Kampanye periklanan dengan elemen universal merupakan aspek krusial dalam strategi bisnis untuk menjangkau audiens yang beragam secara budaya dan bahasa. Pasca Perang Dunia II, kapitalisme demokratis mengakselerasi perdagangan lintas negara, menuntut iklan untuk berperan dalam promosi global. Hal ini ikut memengaruhi tipografi dan desain grafis yang mengalami evolusi menjadi gaya internasional, dimana bertujuan untuk menyampaikan informasi yang netral, sehingga meningkatkan popularitas periklanan perusahaan secara global. Hal ini terjadi saat otomatisasi dan inovasi teknologi pada era 1970-an menandai puncak revolusi industri ketiga, salah satunya memberikan dampak signifikan pada industri penerbangan. Garuda Indonesian Airways, sebagai salah satu maskapai terkemuka Indonesia, melaksanakan reformasi identitas visualnya untuk memperkuat posisi di pasar internasional. Peluncuran Orange Logotype pada tahun 1969 mencerminkan modernisasi maskapai. Penelitian ini mengeksplorasi dan menelusuri reformulasi tipografi dalam bentuk visual estetika, serta interpretasi komunikasi, dan penerapannya dalam konteks dimensi masyarakat. Dengan menggunakan pendekatan manifesto Bauhaus “New Typography” oleh Jan Tschichold dan metode analisis wacana kritis, hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai peran ideologi Bauhaus dalam pembentukkan ideologi tipografi, serta penggambaran strategi visual Garuda dalam menyetarakan diri dengan maskapai internasional lainnya melalui pendekatan penerapan tipografi pada produk grafisnya. Analisis ini mengungkapkan pentingnya pendekatan aspek komunikasi visual yang mendalam dan strategis.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Garuda Indonesian Airways, Bauhaus, New Typography, Desain Grafis, Periklanan, Strategi Visual
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 01 Nov 2024 08:19
Last mod: 01 Nov 2024 08:19
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6857

Actions (login required)

View item View item