EDUKASI BAHAYA HOAKS DI MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA MELALUI PERANCANGAN ANIMASI 2D HO:AXE PADA PLATFORM YOUTUBE

Downloads

Downloads per month over past year

Hakimah, Rizky Nur (2024) EDUKASI BAHAYA HOAKS DI MEDIA SOSIAL BAGI REMAJA MELALUI PERANCANGAN ANIMASI 2D HO:AXE PADA PLATFORM YOUTUBE. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
Rizky Nur Hakimah_UP.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini mendorong perputaran informasi yang semakin cepat berkat akses internet yang semakin merata. Perputaran informasi di sosial media menciptakan tren dan hoaks. Kelompok usia remaja 13-18 tahun menduduki posisi tertinggi dengan presentase 98,20% usia tersebut terhubung ke internet (APJII, 2023). Fase remaja merupakan transisi dari masa anak-anak menuju dewasa, umumnya remaja memiliki rasa ingin tahu yang besar terhait hal-hal disekitarnya maupun yang dialami teman-temannya (Diananda, 2019). Remaja sebagai kelompok usia yang rentan mengikuti tren terbaru serta pengguna internet dan media sosial terbanyak saat ini perlu membekali diri agar dapat menyaring hoaks. Kelompok usia 15-17 tahun gemar mendemonstrasikan pengetahuan yang mereka dapatkan (Stewart, 2013). Oleh karena itu kelompok usia 15-17 tahun memiliki kecenderungan membagikan konten di media sosial. Sehingga animasi edukasi bahaya hoaks bagi remaja ini akan spesifik menargetkan kelompok usia 15-17 tahun sebagai target audiens. Perancangan animasi sebagai media edukasi bahaya hoaks di media sosial dapat menjadi solusi dalam mengemas edukasi yang menarik bagi remaja. Perancangan animasi ini memanfaatkan platform Youtube sebagai media promosi. Perancangan animasi edukasi bahaya hoaks bagi remaja ini menggunakan metode Design Thinking oleh Hasso Plattner (2011) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate. Prototype, dan Test. Karya animasi 2D ini melalui metode perancangan dari Bambang Gunawan Santoso (2012) dalam prosesnya meliputi tiga tahapan yaitu praproduksi, produksi, dan paska-produksi. Perancangan karakter animasi 2D menggunakan metode dari Joe Murray (2010) yang terdiri dari main character, background, character design, dan consistency. Hasil perancangan ini adalah animasi 2D berjudul Ho:Axe sebanyak dua episode yang membahas hoaks secara umum dan post-truth.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Sosial Media, Edukasi Remaja, Hoaks, Karakter Desain Animasi 2D, Youtube
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 26 Sep 2024 04:12
Last mod: 26 Sep 2024 04:12
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6809

Actions (login required)

View item View item