EKSPERIMENTASI PEMBUATAN JINGLE (STUDI KASUS JINGLE PAW PAW CAFE)

Downloads

Downloads per month over past year

Pramono, Aldi (2024) EKSPERIMENTASI PEMBUATAN JINGLE (STUDI KASUS JINGLE PAW PAW CAFE). S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
Aldi Pramono.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul “Eksperimentasi Pembuatan Jingle (Studi Kasus Jingle Paw Paw Cafe)” ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan eksperimental. Pokok penelitian ini adalah proses artistik dalam membuat Jingle Paw Paw Cafe dan pemanfaatannya dalam dunia branding serta pemasaran untuk kafe. Merebaknya kafe dan jarangnya penggunaan jingle pada kafe, mendorong penulis melakukan penelitian ini. Objek penelitian ini adalah kafe kucing di Surakarta bernama Paw Paw Cafe. Penulis melakukan penelitian ini dengan berpedoman kepada teori Keller mengenai elemen-elemen iklan yang baik. Teori tersebut menjadi pedoman dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut memorability (mudah diingat), meaningfulness (memiliki makna), likability (kemampuan untuk disukai), adaptability (mampu beradaptasi), protectability (terlindungi secara hukum dan dari pesaing). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Participatory Action Research (PAR), artinya memperlakukan objek sebagai subjek dalam mengumpulkan data dan membuat komposisi. Langkah-langkah dalam penelitian ini terdiri dari studi pustaka, observasi, eksperimentasi, analisis dan penyusunan data. Pada proses ekpserimentasi terdiri dari tiga tahap yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Pra-produksi merupakan tahap riset dan pembentukan konsep. Tahap produksi merupakan tahap memproduksi musik yang terdiri dari eksplorasi, rekaman, mixing, dan mastering. Tahap pasca-produksi merupakan tahap dimana prototype sudah jadi dan dipublikasikan di platform digital dan diputar di Paw Paw Cafe. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototype Jingle Paw Paw Cafe yang dibuat berdasarkan teori dari Keller dan elemen-elemen yang sudah dijabarkan. Metode pengujian daya jingle ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pengunjung. Hasilnya jingle mampu merepresentasikan Paw Paw Cafe. Penulis berharap penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku musik dan pelaku usaha terutama di dunia jingle dan kafe. Kata Kunci: Jingle, Kafe, Produksi Musik, Marketing, Branding

Type: Thesis (S1)
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: Raden Lalan Fuandara
Datestamp: 05 Aug 2024 07:21
Last mod: 05 Aug 2024 07:21
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6723

Actions (login required)

View item View item