WAHYONO, EKI PRAMESWARI (2024) KONSEP ADAPTASI DALAM PROGRAM ACARA SUPER DEAL INDONESIA DI GTV. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Eki Prameswari Wahyono UPLOD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Eki Prameswari Wahyono, 2023, Konsep Adaptasi dalam Program Acara Super Deal Indonesia di GTV, halaman i sampai 140, Skripsi S-1 Program Studi Film dan Televisi, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Penelitian ini mengkaji program acara Super Deal Indonesia yang ditayangkan oleh GTV. Program Super Deal Indonesia layak dijadikan objek penelitian karena program ini merupakan adaptasi dari program game show Let’s Make a Deal yang telah tayang di stasiun GTV sejak 2018 dan berhasil memenangkan penghargaan Panasonic Gobel Awards 2019. Fokus penelitian adalah memahami bagaimana produser melakukan adaptasi dalam menyusun program ini. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan konsep adaptasi yang diimplementasikan oleh produser dan menemukan ciri khas dalam program tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data yakni purposive sampling yang menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menerapkan teknik data kualitatif dari Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi program acara diterapkan melalui berbagai aspek, yaitu medium, format, konten, dan struktur, dapat menciptakan program yang menarik dan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan target penonton. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa produser program acara Super Deal Indonesia menggunakan konsep adaptasi yakni medium, format, konten, dan struktur, sehingga menjadi tontonan yang menarik untuk ditonton oleh pemirsa di Indonesia. Program ini memiliki kreasi baru berupa permainan mini trading, eliminasi trading, dan babak pra-end game. Program ini juga menggunakan episode spesial, seperti tema-tema tertentu atau roadshow di kota-kota besar dengan menggunakan media trading yang menyesuaikan tema tersebut. Program ini juga menambahkan sketsa komedi dengan menampilkan cohost yang menggunakan riasan tebal. Kreasi tersebut adalah sebuah ciri khas yang terdapat pada program Super Deal Indonesia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | adaptasi, program acara, televisi, Super Deal Indonesia, hiburan. |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | Sundari Juni Astutik |
Datestamp: | 18 Jul 2024 04:34 |
Last mod: | 18 Jul 2024 04:34 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6702 |
Actions (login required)
View item |