Khasanah, Dyah Mardhiah (2023) DESAIN BUKU CERITA BERGAMBAR TEMBANG MACAPAT SEBAGAI MEDIUM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Dyah Mardhiah Khasanah -UP.pdf Download (835kB) | Preview |
Abstract
Tembang macapat merupakan puisi tradisional Jawa yang berisi tentang nasehat kehidupan mulai dari manusi lahir hingga meninggal. Tembang macapat juga menjadi salah satu mata pelajaran sekolah dasar. Perancangan ini didasari atas keprihatinan melihat banyaknya siswa-siswa yang tidak memahami makna dari tembang macapat yang sudah diajarkan mulai dari sekolah dasar, tembang macapat sendiri mengandung banyak pesan moral yang penting dipahami untuk anak-anak sejak dini. Perancangan ini diciptakan sebagai media baru untuk mengajarkan tembang macapat yang biasanya hanya diajarkan di buku-buku sekolah. Metode perancangan menggunakan teori Sherin (2017), berisi 5 tahap yaitu brief, research, visual design development, revision, dan implementation. Strategi visual perancangan buku cerita bergambar ini berpedoman pada buku “Picture Books For Children” karya dari Mary Northrup tahun 2012. Penulisan naskah cerita ini menggunakan Formula 3 Act Structure (Struktur 3 babak). Pembuatan naskah menggunakan konsep Syd Field dalam bukunya tahun 1979 yang berjudul “screenplay: The Foundation of screenwriting”. Melalui tahapan tersebut terbentuklah karya dalam bentuk buku cerita bergambar tembang macapat yang akan menjadi pembelajaran siswa sekolah dasar mengenai makna yang terkandung dalam tembang macapat. Diharapkan dengan adanya buku ini siswa dapat menerapkan semua pembelajaran yang baik melalui buku cerita bergambar tembang macapat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Tembang Macapat, Buku Cerita Bergambar, Metode Perancangan, Pendidikan Karakter, Anak Sekolah Dasa |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom |
Datestamp: | 02 Jul 2024 03:56 |
Last mod: | 02 Jul 2024 03:56 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6652 |
Actions (login required)
View item |