Jorgy, Bimantara Djuan (2022) PROSES PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN DI SMP NEGERI 1 MAGETAN, KECAMATAN MAGETAN, KABUPATEN MAGETAN. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Bimantara Djuan Jorgy - POTONG.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi berjudul “Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SMP Negeri 1 Magetan, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan “ pada dasarnya bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan keberhasilan pembelajaran ekstrakurikuler karawitan. Penelitian ini berusaha mengungkap dua permasalahan yang meliputi: (1) Bagaimana proses pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Magetan ?; (2) Mengapa pembelajaran ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 1 Magetan dapat berjalan dengan baik ?. Permasalah yang bersifat tekstual dianalisis menggunakan teori model desain sistem pembelajaran dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Proses pembelajaran ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 1 Magetan dikatakan berhasil karena terdiri atas komponen pembelajaran meliputi siswa, tujuan, metode dan proses, materi, media, strategi, evalusi, dan faktor penunjang lain. Faktor tersebut berasal dari dalam (internal) meliputi tujuan, guru, anak didik, kegiatan pembelajaran, bahan dan alat evaluasi, suasana evaluasi, dan kebijakan sekolah. Serta faktor dari luar (eksternal) meliputi dukungan orang tua dan instansi pemerintah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Ekstrakurikuler Karawitan Kalimasada, SMP N 1 Magetan, Pembelajaran Ekstrakurikuler Karawitan |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Karawitan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Karawitan |
User deposit: | Sartini Sartini S.I.Pust |
Datestamp: | 27 Feb 2024 02:50 |
Last mod: | 27 Feb 2024 02:50 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6423 |
Actions (login required)
View item |