Houdini, Sheren (2020) Tinjauan Metode EDFAT: Pada Photo Story “The Simple Life” Dalam Majalah Bali & Beyond. S1 thesis, Institit Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
SHEREN HOUDINI.pdf Download (747kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Tinjauan Metode EDFAT: Pada Photo Story “The Simple Life” Dalam Majalah Bali & Beyond. Foto dalam majalah tersebut tergolong dalam foto jurnalistik yang ditampilkan dengan gaya bercerita (Photo Story) Permasalahan pada penelitian ini yaitu Membahas tentang foto isu sosial terutama isu pangan yang terjadi pada Orang Rimba, hal ini menjadi ketertarikan tersendiri bagi peneliti untuk mengetahui proses penciptaan konsep dalam membuat karya foto tersebut dan Fokus penelitian ini adalah bagaimana tinjauan EDFAT, apa saja komponen EDFAT yang digunakan dan apa yang akan ditonjolkan dalam Photo Story tersebut. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. foto- foto tersebut ditinjau menggunakan metode EDFAT. EDFAT merupakan akronim dari Entire, Detail, Frame, Angle, and Time yang memiliki pengertian sebagai suatu metode pemotretan yang digunakan untuk melatih optis melihat sesuatu dengan teliti yang tajam. Metode EDFAT dipilih sebagai metode untuk meninjau aspek-aspek penting yang terkandung di dalam Photo Story the simple life pada majalah BALI&BEYOND secara komprehensif, variatif, baik dari sisi fotografis maupun dari segi pemaparan kejadian atau peristiwa secara terperinci. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan memahami bagaimana sebuah ide atau konsep pada sebuah foto terutama foto Orang Rimba dan seberapa efektif metode EDFAT digunakan untuk meninjau photo story Orang Rimba dalam Majalah BALI & BEYOND. Kata Kunci: Jurnalistik, Photo Story, Metode EDFAT
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Fotografi |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Photograpy |
User deposit: | Raden Lalan Fuandara |
Datestamp: | 16 Feb 2023 06:28 |
Last mod: | 16 Feb 2023 06:28 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5811 |
Actions (login required)
View item |