Nugroho, Widhi (2020) PELATIHAN PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN VIDEO MARKETING MELALUI INSTAGRAM TV (IGTV) KELOMPOK TANI MEKAR LESTARI SEBAGAI PENGUATAN PRODUK/BRAND KOPI ARABIKA KALIANGKRIK MAGELANG. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
|
Text
Widhi Nugroho_Lap Akhir DIPA 2020.pdf Download (350kB) | Preview |
Abstract
Pada tahun 2012 di beberapa desa di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, kopi hadir sebagai pengganti tanaman tembakau yang saat itu sempat menjadi tanaman pokok. Untuk itu, kopi hadir sebagai upaya “revitalisasi” pertanian sebagai ujung tombak dalam peningkatan ekonomi warga yang dilakukan oleh Kelompok Tani Mekar Lestari. Berkat konsistensi petani dan pengolahan pascapanen, kopi yang awalnya hanya ditanam oleh warga di Desa Ngawonggo, akhirnya membawa kebermanfaatan terhadap desa-desa disekitarnya. Petani dari 5 desa tetangga ikut bergabung, dengan membawa hasil panen kopi ke Desa Ngawonggo untuk di olah. Mereka berasal dari Desa Adipuro, Desa Munggangsari, Desa Kaliangkrik, Desa Mangli dan Desa Sutopati. Karena berdampak cukup signifikan terhadap desa-desa lain, kopi yang berasal dan diolah di Desa Ngawonggo ini kemudian berkembang menjadi sebuah “brand” dengan menyertakan asal daerah (kecamatan), yakni “Kopi Kaliangkrik”. Pemanfaatan Instagram oleh Kelompok Tani Mekar Lestari sudah dimulai pada 5 April 2018, sekitar kurang lebih 2 tahun lalu. Namun, konten pada Instagram dengan akun kopi_arabika_magelang ini hanya terfokus pada media pendokumentasian dan publikasi kegiatan kelompok tani saja. Berangkat dari hal ini sangatlah perlu kiranya bahwa pemanfaatan media sosial seperti Instagram TV (IGTV) dalam upaya tata kelola usaha promosi dan pemasaran produk kopi dengan brand Kopi Kaliangkrik ini sangat berpeluang untuk dilakukan. Dengan pelibatan para anggota Kelompok Tani Mekar Lestari secara aktif, maka sifat pelatihan ini bersifat partisipatif. Strategi yang dilakukan adalah dengan menggali permasalahan mitra dengan cara mengidentifikasi permasalahan/kendala yang dihadapi mitra, terutama dalam hal pelatihan pembuatan video marketing melalui Instagram TV (IGTV) berupa video iklan dan Instagram Story dalam penguatan produk/brand Kopi Kaliangkrik.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | kopi, Kaliangkrik, Instagram TV (IGTV), video iklan, marketing. |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 24 May 2022 03:09 |
Last mod: | 24 May 2022 03:09 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5298 |
Actions (login required)
View item |