Setiawan, Agus Heru (2019) CEPHAS DAN ORIENTALISME MEMAHAMI KARYA FOTO KASSIAN CEPHAS MELALUI PERSPEKTIF POST-KOLONIAL. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
|
Text
Laporan Chepas untuk Repository.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini membahas tentang dialektika foto-foto karya Kassian Cephas pada saat ditinjau melalui perspektif pos-kolonial. Foto-foto yang digunakan sebagai data utama dalam penelitian ini, diambil dari sebagian arsip visual koleksi Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies (KITLV) Belanda tentang Kassian Cephas yang dipilih berdasarkan kategori temuan arkeologis, konsepsi modernitas, proyek pembangunan kolonial, dan figur perempuan pribumi. Metodologi yang dipakai untuk mengetahui sistem nilai dan ideologi yang berada di balik imaji yang tertampilkan dalam foto Chepas, menggunakan metode pembacaan secara kritis serta analisis yang mendalam dengan menyandarkan diri pada perspektif Orientalismenya Edward Said. Hasil analisis yang didapatkan, mayoritas foto Cephas dihasilkan dalam kerangka proyek komersial. Hal tersebut, mempengaruhi pilihan subyek pemotretannya. Meskipun demikian, gambaran yang dihasilkan menunjukkan pekatnya pengaruh ideologi barat, terutama dalam cara Cephas memrepresentasikan Hindia Belanda, sehingga membuat dirinya menjadi bagian dari agensi ideologi dan budaya kolonial itu sendiri.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Cephas, fotografi, orientalisme, poskolonial |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Fotografi |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Photograpy |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 28 Jan 2020 07:17 |
Last mod: | 26 Apr 2021 04:18 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4036 |
Actions (login required)
View item |