MURFIANTI, FITRI (2018) MEME DI ERA DIGITAL DAN BUDAYA SIBER. Technical Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
|
Text
MEME DI ERA DIGITAL DAN BUDAYA SIBER_Fitri Murfianti.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penyebaran meme yang sangat pesat, tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Meme yang beredar tidak hanya sekedar lelucon, tetapi cerminan dari realitas offline dan disajikan dengan visual yang menarik. Teknologi pengolah gambar mendorong manusia menjadi lebih kreatif. Kajian ini fokus pada proses konsumsi, produksi, dan distribusi meme internet serta budaya siber yang terbentuk karena proses tersebut dengan menggunakan metode studi pustaka. Dalam mengkonsumsi komoditas meme internet ini diperlukan proses “work of consumption”, Pada saat khalayak mengkonsumsi informasi, ia juga telah melakukan “work of production”. Upaya ketika khalayak mengkonsumsi dan memproduksi ulang informasi yang dikonsumsinya ini disebut “work in progress”. Dalam mengkonsumsi meme internet terdapat beberapa motif yang mendasarinya yaitu motif entertainment, motif self-expression motif socializing and community building, dan motif informativeness. Saat ini Meme internet berkembang menjadi sebuah gaya komunikasi baru sebagai wujud dari participatory digital culture. Budaya siber yang terbentuk karena proses ini merupakan hasil konstruksi dari identitas-identitas virtual yang bergabung sehingga membentuk budaya baru Kata Kunci : Meme internet, Era Digital, Budaya Siber
Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Meme internet, Era Digital, Budaya Siber |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 06 Aug 2019 02:10 |
Last mod: | 06 Aug 2019 02:10 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/3359 |
Actions (login required)
View item |