DESAIN MASKOT DAN PROMOSI PARIWISATA KOTA MUARA TEWEH KALIMANTAN TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

DEWI, RINTANIA ROSITA CITRA (2018) DESAIN MASKOT DAN PROMOSI PARIWISATA KOTA MUARA TEWEH KALIMANTAN TENGAH. UNSPECIFIED thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img]
Preview
Text
RINTANIA ROSITA CITRA DEWI FIX.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK DESAIN MASKOT DAN PROMOSI PARIWISATA KOTA MUARA TEWEH KALIMANTAN TENGAH (Rintania Rosita Citra Dewi, 2018, xx, 126 Halaman). Tugas Akhir Karya S-1 Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Promosi sebagai salah satu sarana yang tidak dapat dilepaskan dari pariwisata, proses pengenalan agar suatu tempat dapat diketahui oleh khalayak umum dan yang akan menjadi proses berkembangnya suatu daerah berkat potensi pariwisata yang ada di daerah tersebut. Banyaknya persaingan pariwisata yang ditawarkan oleh berbagai daerah terbentuknya proses promosi yang bervariasi, salah satunya adalah dengan menggunakan maskot. Maskot daerah yang menjadikan sebuah ikonik atau ciri khas suatu daerah dapat menjadi sarana promosi yang berbeda dan lebih menarik, Kota Muara Teweh Kalimantan Tengah mempunyai banyak tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Proses perancangan pariwisata kota Muara Teweh dengan menggunakan maskot, diambil karena sebagai daya tarik persuasif visual dan merchandise yang berbeda dengan pendekatan melalui proses promosi. Metode penciptaan menggabungkan dan mengambil dari elemen figur hewan khas kalimantan yang terancam punah yaitu Orangutan, Beruang Madu, dan Burung Enggang. Sehingga elemen tersebut mampu mewakili identitas promosi kota Mura Teweh Kalimantan Tengah, dengan demikian maskot sebagai elemen visual utama dalam proses promosi media lini atas dan media lini bawah. Seperti pada media iklan koran, website dan sebagainya. Maskot kota Muara Teweh bernama Arai dari penggabungan tiga elemen tersebut. Metode perancangan maskot kota Muara Teweh ini menghasilkan promosi sebagai sarana mengenalkan tempat pariwisata yang ada di Barito Utara. Kata Kunci: Maskot Daerah, Promosi, Pariwisata, dan Muara Teweh

Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Not controling keyword: Maskot Daerah, Promosi, Pariwisata, dan Muara Teweh
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 13 Dec 2018 02:12
Last mod: 13 Dec 2018 02:12
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2781

Actions (login required)

View item View item