STRATEGI KREATIF KARYA PEMENANG ADSTUDENT AWARD PINASTHIKA KREATIF FESTIVAL 2015

Downloads

Downloads per month over past year

Krisnawati, Oentari (2018) STRATEGI KREATIF KARYA PEMENANG ADSTUDENT AWARD PINASTHIKA KREATIF FESTIVAL 2015. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img]
Preview
Text
Oentari Krisnawati.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desain membutuhkan sebuah konsep yang akan menjadikan suatu karya, dalam prosesnya sebuah desain dibutuhkan untuk menarik audience. Untuk mencapai itu dibutuhkan sebuah strategi kreatif untuk sebuah desainnya, dimana sebuah desain bukan hanya dituntut dalam bentuk tampilan visual yang bagus saja tetapi bisa mengkombinasikan elemen–elemen desain untuk menjadi suatu karya yang mempunyai pesan didalamnya yang dapat menarik perhatian audience. Metodologi yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, yaitu dimana data yang dikumpulkan berupa data-data hasil observasi, wawancara, studi pustaka dan hasil karya adstudent award Pinasthika Kreatif Festival 2015, dari karya yang mempunyai karakter dan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menunjukan bahwa setiap desain atau karya print ad pada setiap finalis adstudent award Pinasthika Kreatif Festival 2015 mengandung pesan-pesan strategi kreatif yang dapat membuat konsep desain pada print ad dapat menarik dewan juri, untuk menjadi pemenang pada kategori adstudent award. Setiap karya adstudent award mempunyai beberapa konsep yang berbeda dan mempunyai tema yang sama yaitu lingkungan. Konsep dari juara pertama menggunakan kata andai yang mempunyai dua makna, dari kata andai menjadi kata anda karena huruf “i” dari kata andai diberi warna merah. Juara keduanya yaitu bahwa botol bekas diibaratkan memiliki perasaan layaknya makhluk hidup dan memiliki potensi tersendiri untuk dimanfaatkan kembali seperti layaknya pahlawan. Sedangkan juara ketiga yaitu kalau melihat suatu masalah yang ada disekitar kita itu jangalah dari jauh saja lihatlah lebih dekat lagi agar mengetahui masalah itu lebih jelas lagi. Sebuah karya print ad adstudent yang menjadi salah satu kategori dari pinasthika ini, dapat menjadi tolok ukur bagi para desainer lainnya dalam membuat sesuatu karya yang terlihat lebih menarik, dari segi elemen yang digunakan meliputi dari pesan, tipografi, layout, ilustrasi dan warna. Kata Kunci : Stategi kreatif, Adstudent Award, Pinasthika Kreatif Festival 2015

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Stategi kreatif, Adstudent Award, Pinasthika Kreatif Festival 2015
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 13 Dec 2018 01:45
Last mod: 13 Dec 2018 01:45
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View item View item