MAKNA PARADOKS IKLAN MEDIA LUAR RUANG A MILD EDISI GO A HEAD VERSI PIKIR PENDEK

Downloads

Downloads per month over past year

PRASTIO, KRISTIAN DENY (2018) MAKNA PARADOKS IKLAN MEDIA LUAR RUANG A MILD EDISI GO A HEAD VERSI PIKIR PENDEK. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img]
Preview
Text
Kristian Deny Prastio.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abstrak Setiap iklan memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada konsumennya, untuk memahami pesan tersebut, perlu untuk memaknai setiap tanda yang ada pada sebuah iklan termaksut gaya bahasa yang digunakan. Penelitian ini akan menguraikan tanda dan makna yang ada dalam iklam A Mild edisi Go A Head versi Pikir Pendek. Objek penelitiannya adalah iklan media luar ruang A Mild edisi Go A Head versi Pikir Pendek. Data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan Semioland Roland Barthes. Penggunaan tagline Pikir Pendek diilustrasikan dengan visual remaja yang melompat dari tebing ke dalam laut. Makna pertentangan akan muncul jika makna dari visual tersebut dibenturkan dengan tagline Go A Head. Penerapan gaya bahasa paradoks untuk memunculkan makna pertentangan dalam situasi tersebut akan nampak jelas jika dipahami secara lebih dalam dengan membongkar tanda dan makna yang dilesapkan oleh pembuat pesan. Keywords: billboard, Semiotika Roland Barhers , Paradoks

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: billboard, Semiotika Roland Barhers , Paradoks
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 11 Dec 2018 02:34
Last mod: 11 Dec 2018 02:34
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View item View item