Saputra, Kurniawan Ganda (2018) PERANCANGAN GAME DESAIN “RETURN OF THE AJI SAKA” SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN AKSARA JAWA. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.
|
Text
Kurniawan Ganda Saputra.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PERANCANGAN GAME DESAIN "RETURN OF THE AJI SAKA" SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN AKSARA JAWA Kurniawan Ganda Saputra NIM. 12151103 Perancangan ini bertujuan untuk membuat game tidak hanya untuk hiburan semata tetapi juga sebagai sarana pendidikan terutama untuk generasi muda. Oleh karena itu, perancangan ini berfokus pada perancangan game dengan cara memasukkan unsur-unsur sejarah, seperti Aksara Jawa. Pelajaraan Aksara Jawa telah diajarakan kepada kita sejak kita masih di Sekolah Dasar, tetapi sayangnya hal itu hampir terlupakan. Di era modern ini, teknologi informasi tidak hanya digunakan dalam aspek pendidikan, tetapi juga menjadi hiburan di dunia maya. Banyak orang menyukai game yang mana memiliki beberapa manfaat dan dampak positif, misalnya kemampuan daya ingat, melatih keterampilan dalam memecahkan masalah, menghilangkan stres, dan meningkatkan kebahagiaan. Seperti dalam proses perancangan game "Return of The Aji Saka" merupakan salah satu alat pendekatan untuk mempelajari tentang budaya terutama Aksara Jawa. Dimasukkannya Aksara Jawa ke dalam perancangan game ini dapat menyebabkan pemain akan menyerap unsur budaya di dalamnya. Pada perancangan game ini diambil sebuah inisiatif untuk membuat semua karakter di dalamnya seperti dalam cerita rakyat "Legenda Aksara Jawa" sehingga dapat membuat game ini lebih mudah dipahami sebagai game edukasi. Metode perancangan ini menggunakan salah satu pendekatan sekuensial, di mana sebuah kemajuan dilihat sebagai air yang mengalir melalui fase-fase yaitu perencanaan, mengumpulkan persyaratan yang diperlukan, identifikasi, konsep, dan perancangan. Hasil perancangan ini dapat berupa media promosi seperti artbook, booth pameran, iklan online sebagai media lini atas (Above the line) dan poster, X-banner, stiker, T-shirt, mug, pin, gantungan kunci sebagai media lini bawah (Below the line). Perancangan game ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian generasi muda terhadap pelestarian budaya, terutama Aksara Jawa. Selain itu, diharapkan mampu menjadi alternatif bagi remaja untuk belajar budaya Aksara Jawa di era digital seperti saat ini. Keyword/ kata kunci: Abstrak, Game Desain, pelestarian Aksara Jawa, Artbook.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Abstrak, Game Desain, pelestarian Aksara Jawa, Artbook. |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 10 Dec 2018 08:48 |
Last mod: | 10 Dec 2018 08:48 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2737 |
Actions (login required)
View item |