AUGMENTED REALITY BUKU EDUKASI MAHABARATA RUPA TOKOH WAYANG PANDAWA UNTUK REMAJA

Downloads

Downloads per month over past year

Anwar, Akhmad Syaiful AUGMENTED REALITY BUKU EDUKASI MAHABARATA RUPA TOKOH WAYANG PANDAWA UNTUK REMAJA. S1 thesis, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN.

[img]
Preview
Text
Akhmad Syaiful Anwar.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

AUGMENTED REALITY BUKU EDUKASI TOKOH PANDAWA DALAM MEMPERKENALKAN WAYANG UNTUK REMAJA Wayang Kulit Purwa merupakan warisan budaya nenek moyang yang sudah disahkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya asal Indonesai. Sejatinya wayang merupakan kesenian yang tebuat dari kulit hewan atau kayu diukir menyerupai wujud manusia yang meiliki karakter dan sifat yang berbeda – beda. Wayang adalah kebudayaan dari tanah sunda, jawa, bali yang memiliki ke khas an tersendiri. Setiap daerah meiliki alur cerita, bentuk dan corak yang berbeda beda yang disesuaikan dengan lingkungannya. Perkembangan zaman yang semakin pesat dengan pengaruh globalisasi yang mampu menggeser budaya lokal, praktis budaya lokal semakin ditinggalkan, selain itu wayang sebagai salah satu budaya yang mulai ditinggalkan karena dinilai tidak mempresentasikan anak remaja zaman sekarang. Banyak bermunculan hiburan – hiburan lain yang mampu menarik minat remaja dan membuat wayang dengan cepat ditinggalkan. Sudah banyak upaya dari masyarakat maupun pemerintah dalam menangani degradasi budaya yang sangat mengkhawatirkan, akan tetapi belum ada peningkatan yang berarti.Penggabungan antara teknologi dan budaya merupakan jawaban yang tepat untuk melestarikan budaya. Augmented reality bisa menjadi jawaban teknologi yang sesuai untuk memperkenalkan wayang kepada anak remaja. Penggunaan teknologi augmented reality akan mendorong remaja untuk lebih mengetahui secara luas tentang budaya, khususnya wayang. Penciptaan buku dengan pemanfaatan teknologi augmented reality akan diawali dengan eksplorasi, eksperimen, evaluasi dan perwujudan. Media promosi juga tidak terlepas dari bahasan, karena promosi merupakan kunci dalam mengenalkan sebuah produk kepada konsumen. Adanya produk yang menarik tetapi tidak adanya promosi, kemungkinan produk tersebut gagal sangat besar. Bentuk promosi beragam, salah satunya adalah video ads yang sekarang marak karena dinilai lbih efektif. Maka promosi menjadi poin utama untuk memperkenalkan Buku Edukasi Wayang Pandawa dengan teknologi augmented reality. Keywords : Budaya, Wayang, Pemanfaatan Teknologi, Augmented Reality, Promosi

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Budaya, Wayang, Pemanfaatan Teknologi, Augmented Reality, Promosi
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 05 Dec 2018 07:00
Last mod: 05 Dec 2018 07:00
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View item View item