Indratmo, Effy and Gozali, Amir (2015) PENGEMBANGAN MODEL CINDERAMATA ETNIK DENGAN MUATAN KEARIFAN LOKAL CANDI SUKUH. Jurnal Brikolase, 7 (2). pp. 11-32. ISSN 2087 - 0795
Text
1591 - Published Version Download (19kB) |
Abstract
Saat ini, dunia telah memasuki era industri kreatif. Untuk memenangkan persaingan tak cukup hanya berbekal unik dalam memproduksi sebuah komoditi. Kelokalan harus dieksploitasi secara positif dan Indonesia memiliki keuntungan karena memiliki kekayaan budaya yang bisa diolah. Penelitian ini adalah salah satu bagian dalam mengolah kearifan lokal menjadi sebuah komoditi. Mengolah kearifan lokal Candi Sukuh yang terletak di lereng Gunung Lawu di Karanganyar Jawa Tengah menjadi produk cinderamata. Cinderamata atau souvenir adalah benda yang dibawa pulang oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan bagi perjalanannya. Cinderamata merupakan mata pencaharian sebagian masyarakat di sekitar Candi Sukuh. Meskipun demikian penjualan cinderamata dari masyarakat tersebut masih minim dan tidak berkembang. Beberapa penyebabnya adalah ketidakmampuan dari masyarakat untuk memproduksi sendiri, model yang sedikit, dan kualitas yang rendah. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development. Dengan metode tersebut, peneliti melakukan serangkaian langkah yaitu tahap studi pendahuluan (studi literatur dan studi lapangan), perencanaan (mengimplementasikan kearifan lokal Candi Sukuh menjadi rancangan bentuk cinderamata), pembangunan (membuat model, mencetak, menuang, dan memproduksi), uji coba kualitas cinderamata dan evaluasi, dan yang terakhir adaalah diseminasi. Kata kunci: candi Sukuh, cinderamata etnik, kearifan lokal
Type: | Article |
---|---|
Not controling keyword: | candi Sukuh, cinderamata etnik, kearifan lokal |
Subject: | N Fine Arts > NB Sculpture |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 14 Feb 2017 03:33 |
Last mod: | 14 Feb 2017 03:33 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1005 |
Actions (login required)
View item |