STEFANY, STEFANY (2025) REPRESENTASI PERSONAL BRANDING PADA KONTEN INSTAGRAM DIARY CEWEK INDIGO DITINJAU DARI SITE OF IMAGE ITSELF. S1 thesis, ISI Surakarta.
![]() |
Text
STEFANY.pdf Download (509kB) |
Abstract
Fenomena indigo yang berkembang di media sosial mendorong kreator untuk membangun identitas visual yang kuat agar dapat dikenali audiens. Diary Cewek Indigo menonjol melalui konsistensi elemen visual yang tidak hanya membentuk estetika tetapi juga merepresentasikan personal branding sang kreator. Komposisi visual yang khas, seperti dominasi warna biru, tekstur cat air, tipografi yang ekspresif, serta ilustrasi yang emosional, menjadi ciri utama yang memperkuat citra dirinya di media sosial. Analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan site of image itself dari Gillian Rose menunjukkan bahwa elemen visual dalam Diary Cewek Indigo berperan sebagai medium utama dalam membangun identitas yang autentik dan mudah dikenali. Selain itu, konsistensi narasi dan visual menciptakan keterhubungan emosional dengan audiens, memungkinkan kontennya menjadi lebih dari sekadar hiburan, tetapi juga sebagai sarana refleksi batin dan ekspresi personal. Dengan pendekatan ini, Diary Cewek Indigo berhasil membangun personal branding yang kuat dan berpengaruh, memperkuat posisinya sebagai representasi individu dengan pengalaman indigo di tengah stigma yang ada. Kata kunci: Diary Cewek Indigo, personal branding, Instagram, site of image itself
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | Raden Lalan Fuandara |
Datestamp: | 16 Jul 2025 02:38 |
Last mod: | 16 Jul 2025 02:38 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/7444 |
Actions (login required)
![]() |
View item |