STRATEGI PERANCANGAN VISUAL BRANDING SEBAGAI MEDIA PROMOSI PASAR BEKONANG

Downloads

Downloads per month over past year

NUGRAHA, ANDRE EKA SETYA (2023) STRATEGI PERANCANGAN VISUAL BRANDING SEBAGAI MEDIA PROMOSI PASAR BEKONANG. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
Andre Eka Setya Nugraha_18151159.pdf

Download (13MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Pasar Bekonang adalah pasar tradisional yang terletak di Desa Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Pasar Bekonang menjadi pusat roda perekenomian di Desa Bekonang yang mempertemukan antara penjual dengan pembeli. Saat ini Pasar Bekonang belum mempunyai identitas visual yang menjadi ciri khas dari Pasar Bekonang itu sendiri. Proses perancangan visual branding ini bertujuan untuk memberikan identitas visual dan dapat menjadi pembeda dengan kompetitor yang lain. Proses perancangan visual branding ini juga bertujuan sebagai media promosi melalui media sosial Instagram. Manfaat yang didapat dari proses Perancangan Visual Branding adalah memberikan identitas visual pada Pasar Bekonang. Branding dapat memberikan kemudahan informasi, sebagai tolak ukur keunggulan terhadap pasar yang lain, dan mampu membangun persepsi yang baik terhadap masyarakat luas untuk menentukan ketertarikan terhadap Pasar Bekonang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor orientasi pasar, faktor inovasi dan faktor kewirausahaan dalam pengaruhnya terhadap keunggulan dalam pengaruhnya terhadap keunggulan dalam meningkatkan kinerja pemasaran dalam kegiatan jual beli di pasar. Metode pengumpulan data pada perancangan ini menggunakan observasi dengan mengamati langsung ke lapangan, wawancara dengan Lurah Pasar Bekonang dan juga para pedagang maupun pembeli, kuesioner melalui Google Form, dan studi pustaka. Sedangkan metode perancangan visual branding menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari define, riset, interpretasi, ideasi, protoype, dan evaluasi. Sedangkan pada media promosi menggunakan AISAS yang terdiri dari attention, interest, search, action, dan share. Hasil perancangan pada Pasar Bekonang ini adalah identitas visual berupa logo, tagline, media promosi Instagram, dan beberapa media pendukung seperti desain stationery, desain media luar ruangan, dan desain merchandise.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Merek Visual, Identitas merek, Promosi
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Sundari Juni Astutik
Datestamp: 29 Nov 2023 03:54
Last mod: 15 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6302

Actions (login required)

View item View item