KAMPANYE ISLAMIC QUESTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AWARENESS TERHADAP ISU DISKRIMINASI AGAMA ISLAM DI INDONESIA MELALUI MOTION GRAPHIC MELALUI MEDIA SOSIAL

Downloads

Downloads per month over past year

Feoh, Agung Dewa Cendana (2023) KAMPANYE ISLAMIC QUESTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AWARENESS TERHADAP ISU DISKRIMINASI AGAMA ISLAM DI INDONESIA MELALUI MOTION GRAPHIC MELALUI MEDIA SOSIAL. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
Agung Dewa Cendana Feoh_18151101_ Upload.pdf

Download (967kB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Islamofobia dapat digolongkan ke dalam fobia dengan subkategori xenofobia. Xenofobia adalah ketakutan terhadap orang yang dianggap asing. Beberapa penjelasan para ahli menyebutkan xenofobia terbentuk dari irasionalitas. Persepsi ini terbentuk akibat oknum yang melakukan tindak kriminal mengatasnamakan Islam sehingga menimbulkan ketakutan di masyarakat yang menjadi phobia. Oleh sebab itu Islamic Question hadir sebagai upaya mengenalkan nilai Islam dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait isu diskriminasi terutama di Indonesia. Menggunakan metode design thinking dengan 6 tahapan yakni define, research, interpretation, ideation, prototype, evaluation. Tahapan define diolah dengan menggunakan how might we question, lalu pada tahapan research menggunakan metode pengumpulan data studi literatur, observasi, kuesioner, dan dianalisis menggunakan metode Mindmapping pada tahapan interpretation, sedangkan pada tahapan ideation meggunakan metode brainstorming untuk mententukan konten, dan pada tahapan prototype menggunakan metode storyboard serta pada tahapan terakhir evaluasi menggunakan model AISAS. Penggunaan 5 warna dasar berupa cetacean blue, Plochere’s Vermilion, Bisque, Beer, Jelly Bean Blue sebagai pembeda dengan kampanye yang memiliki jenis yang sama. Kampanye ini juga menerapkan 6 dari 12 prinsip animasi yang berupa Squash and stretch, anticipation, staging, arcs secondary action, timing, exaggeration pada motion graphic yang dibuat, selain itu terdapat beberapa media pendukung kampanye berupa poster, Instagram filter, dan Instagram story template, serta merchandise.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Islamofobia, Kampanye, Islamic Question, Motion Graphic, Media Sosial,
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Sundari Juni Astutik
Datestamp: 29 Nov 2023 02:54
Last mod: 29 Nov 2023 02:54
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6300

Actions (login required)

View item View item