Khoiriyah, Nailul (2023) ANALISIS VISUAL DESAIN POSTER BANYUWANGI FESTIVAL (B-FEST) TAHUN 2018-2022. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Nailul Khoiriyah_01.pdf Download (830kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis terhadap poster Banyuwangi Festival (B-Fest) yang diselenggarakan pada tahun 2018 hingga 2022. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena terlihat representasi makna dan elemen visual serta prinsip-prinsip layout yang terkadung dalam poster Banyuwangi festival. Metode analisis yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan landasan teori semiotika Charles Sanders Pierce dan teori layout Surianto Rustan. Secara spesifik, penelitian ini merujuk pada pendekatan semiotika dimana di dalamnya terdapat uraian representasi makna dan bentuk berupa elemen visual dan implementasi prinsip-prinsip layout pada lima poster Banyuwangi Festival(BFest). Proses penelitian dimulai dari pengumpulan data, diantaranya yaitu dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Kemudian dilanjutkan dengan tahap analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman yang terbagi menjadi 3 tahapan yakni reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat makna tanda dan objek yang terkadung pada poster Banyuwangi Festival dengan menggunakan teori Charles Sanders Pierce yang merupakan representasi dari festival-festival di daerah Kabupaten Banyuwangi serta terdapat 11 (sebelas) elemen, baik dari elemen visual maupun teks. Elemen visualnya terdiri dari foto, point, bidang, garis, header dan footer sedangkan elemen teks terdiri dari judul (headline) subjudul (subhead), mandatories, body copy, dan caption. Dari hasil identifikasi visual tersebut, ditemukan bahwa terdapat 5 (lima) elemen utama yang secara konsisten dicantumkan di dalam poster Banyuwangi Festival(B-Fest) di antaranya yaitu judul, mandatories (keterangan waktu, tanggal, dan tempat Fetsival), foto (maskot), bidang, serta footer (logo sponsorship). Sedangkan bila ditinjau dari prinsip-prinsip layout, ditemukan bahwa poster Banyuwangi Festival (B-Fest) tahun 2018 - 2022 belum sepenuhnya memenuhi prinsip sequence (alur) dan unity (kesatuan). Sementara poster Banyuwangi Festival tahun 2018-2022 memiliki kualitas visual yang lebih baik karena sudah memenuhi keempat prinsip layout. Hal tersebut mampu menjadi jawaban terhadap nilai semiotika dan elemen visual serta prinsipprinsip layout yang terkadung pada poster Banyuwangi Festival (B-Fest) tahun 2018-2022
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Semiotika, Poster, B-Fest, Layout |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom |
Datestamp: | 14 Sep 2023 06:58 |
Last mod: | 14 Sep 2023 06:58 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6110 |
Actions (login required)
View item |