STRATEGI VISUAL KARYA ERINDWIA PADA AKUN INSTAGRAM “SYNCHRONIZEFEST” DAN PENGARUHNYA SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Downloads

Downloads per month over past year

Pratiwi, Fajri Rahma (2022) STRATEGI VISUAL KARYA ERINDWIA PADA AKUN INSTAGRAM “SYNCHRONIZEFEST” DAN PENGARUHNYA SEBAGAI MEDIA PROMOSI. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
Fajri Rahma Pratiwi01.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi perubahan di segala aspek kehidupan, hingga salah satu dampaknya adalah pekerja kreatif yang merancang sebuah festival musik terpaksa menunda hingga membatalkan jadwalnya. Namun tidak dengan Synchronize Festival yang tetap melaksanakan festival musik dengan menciptakan medium yang berbeda yang mempelopori tentang multi genre dan lintas generasi lebih dari 100 musisi tanah air yang diadakan setiap tahun. Pada tahun 2021 strategi visual Synchronize yang bekerja sama dengan Illustrator Erindwia berupa ilustrasi, warna, tipografi, dan layout serta pengaruhnya sebagai media promosi. Erindwia memilih ciri visual yang eksentrik dengan Geometric Style dibalut dengan warna yang feminim menjadi kunci visual festival musik tahunan Synchronize Festival. Analisis yang dilakukan dengan cara menghubungkan rumusan masalah serta kerangka teori dengan data hasil penelitian. Hasil analisis visual yakni strategi visual yang dirancang merepresentasikan tema utama Synchronize “Memanusiakan Alam, Mengalamikan Manusia” dari 10 ilustrasi, tiga tipografi menggunakan jenis tipografi Sans Serif, 12 warna yang memiliki ciri khas warna yang lembut, serta 10 Layout yang mengedepankan prinsip keseimbangan formal simetris. Analisis pengaruh media promosi menggunakan kuesioner yang disebar kepada purposive sampling yang para pengikut akun Instagram Synchronizefest dengan model AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action) didapatkan dengan total 92 responden yang analisis menggunakan skala Likert memiliki hasil yang efektif.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Strategi Visual, Festival Musik, Media Promosi, Instagram.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 14 Sep 2023 04:50
Last mod: 14 Sep 2023 06:23
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6103

Actions (login required)

View item View item