BUDAYA BANJAR DAN JAWA SEBAGAI IDE PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL RUMAH MAKAN BU MAMIE UNTUK MENJANGKAU PASAR GENERASI MUDA KOTA BALIKPAPAN

Downloads

Downloads per month over past year

RAHMAN, RIFHANI (2022) BUDAYA BANJAR DAN JAWA SEBAGAI IDE PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL RUMAH MAKAN BU MAMIE UNTUK MENJANGKAU PASAR GENERASI MUDA KOTA BALIKPAPAN. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
Rifhani Rahman_up.pdf

Download (391kB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Balikpapan merupakan kota yang dihuni oleh berbagai keragaman budaya etnis, dikarenakan banyaknya dihuni oleh pendatang, Banyaknya pendatang, otomatis membawa resep makanan dari daerahnya masing – masing, Ibu Sulasmi dan bapak Misran merupakan pemilik rumah makan Ibu Mamie yang telah berdiri sejak tahun 2007. Hasil riset kuisioner mayoritas pelanggan Rumah Makan Ibu Mamie adalah pelanggan lama yang sudah menjadi langganan, dari jawaban usia dari 48 pelanggan yang dikumpulkan, 54% berumur 40 - 60 tahun, sedangkan mayoritas generasi Balikpapan pada tahun 2020 adalah generasi millenial dan Z. Dibutuhkan identitas visual baru dan media promosi untuk membantu Rumah Makan Bu Mamie, meluaskan jangkauan pembeli. Metode penciptaan yang digunakan adalah design thinking, Ide visual logo yang diambil adalah bumbu empon – empon (budaya jawa), bumbu habang (budaya banjar), serta motif ukir flora banjar. Media promosi yang dihasilkan adalah media sosial, packaging, menu, nota, dan sign box. Kata kunci: Balikpapan, Nasi Kuning, Identitas Visual, Media Promosi Rumah Makan, dan Design Thinking

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Balikpapan, Nasi Kuning, Identitas Visual, Media Promosi Rumah Makan, dan Design Thinking
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 28 Apr 2023 05:55
Last mod: 28 Apr 2023 05:55
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5914

Actions (login required)

View item View item