PERANCANGAN DESAIN ANTAR MUKA APLIKASI PEMANDU WISATA SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI INDONESIA

Downloads

Downloads per month over past year

NUGROHO, IKHSANDI APRILIO (2022) PERANCANGAN DESAIN ANTAR MUKA APLIKASI PEMANDU WISATA SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI INDONESIA. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
FERRIDAY UP.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Potensi pariwisata di Indonesia sangat besar dengan berbagai destinasi wisata yang disuguhkan. Beragam jenis wisata berpeluang untuk mempromosikan kekayaan alam, pengetahuan dan informasi terkait tempat wisata ke khalayak. Hadirnya pemandu wisata dapat berperan sebagai promotor pariwisata, selain itu dapat melayani wisatawan yang memiliki keterbatasan waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhan terkait perjalanan wisata. Namun, tingginya kebutuhan berwisata dikalangan wisatawan lokal tidak diiringi dengan pengelolaan yang baik dari penyedia jasa pemandu wisata. Tugas akhir karya yang berjudul “Perancangan Desain Antar Muka Aplikasi Pemandu Wisata Sebagai Media Promosi Pariwisata di Indonesia” dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam sistem pengelolaan penyedia jasa pemandu wisata di DPC HPI Solo Raya yang merupakan mitra dari perancangan tugas akhir ini. Permasalahan terkait yang didapat dari koordinator divisi keorganisasian DPC HPI Solo Raya, pengelolaan itinenary atau penjadwalan seringkali masih bermasalah dan sulit diselesaikan dengan sistem konvensional. Selain itu masalah terkait pengelolaan sehingga membuat strategi promosi terkesan lemah sehingga wisatawan sulit untuk menjangkau dan menerima informasi terkait pemandu wisata. Penjabaran kajian ini bertujuan untuk (1) merancang desain antar muka yang memudahkan pengelolaan pengguna jasa atau wisatawan lokal dan penyedia jasa atau pemandu wisata, (2) merancang strategi efektif untuk mengenalkan aplikasi pemandu wisata di Indonesia. Metode perancangan yang digunakan adalah metode double diamond yang dikemukakan oleh Design Council dalam buku A Study of The Design Process untuk perancangan UI mulai dari identitas visual dan desain antar muka. Kemudian untuk perancangan strategi promosi aplikasi menggunakan metode Terence A Shimp sedangkan untuk pemilihan tipe media menggunakan metode AISAS. Penelitian ini bersifat kualitatif berupa observasi, wawancara dan partisipatif untuk mengidentifikasi masalah dan uji coba prototipe yang kemudian dibedah menggunakan analisis SWOT Kotler. Hasil analisis ditemukan bahwa, wisatawan lokal membutuhkan adanya jasa pemandu wisata. Sedangkan hasil perancangan berupa prototipe aplikasi dalam desain visual antar muka. Oleh karena itu perancangan desain antar muka aplikasi Nuguide dinilai efektif untuk menjadi solusi alternatif pemecahan masalah yang ada dalam pengelolaan itienary antara pengguna jasa dan penyedia jasa. Kata kunci : desain antar muka, pemandu wisata, pengelolaan itinenary, aplikasi.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: desain antar muka, pemandu wisata, pengelolaan itinenary, aplikasi.
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 27 Apr 2023 07:56
Last mod: 27 Apr 2023 07:56
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View item View item