PERANCANGAN PROMOSI PUSAT OLEH-OLEH JONGKE MELALUI AMBIENT MEDIA PADA FASILITAS UMUM SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

SU’UD, AHMAD FARIS NUR (2022) PERANCANGAN PROMOSI PUSAT OLEH-OLEH JONGKE MELALUI AMBIENT MEDIA PADA FASILITAS UMUM SURAKARTA. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
AHMAD FARIS NUR SU'UD up.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Perancangan Promosi Pusat Oleh-Oleh Jongke Melalui Ambient Media Pada Fasilitas Umum Surakarta mempunyai gagasan untuk memperkenalkan dan mempromosikan sentra oleh-oleh Jongke yang kurang diminati dan diketahui. Pembentukan perancangan ini menggunakan metode dari design thinking Garvin Ambrose dan Paul Haris, yang digabungkan dengan strategi perancangan ambient media Bambang Sukma Wijaya. Dalam perancangan ini memaparkan tahap-tahap yang dilalui dalam perancangan iklan ambient media dan juga media promosi pendukungnya. Meliputi identifikasi data, metode penelitian, perumusan gagasan, brainstorming, sketsa, digitalisasi, serta prototipe. Perumusan ide gagasan ambient media dicapai dengan menggunakan konsep segitiga insight yang menggabungkan informasi mengenai konsumen, produk, dan medium. Berdasarkan hasil perumusan konsep tersebut didapatlah ide untuk merancang ambient media promosi di Taman Monumen 45 Banjarsari serta sekitaran Kampung Batik Laweyan dengan memanfaatkan fasilitas umum yang ada. Perancangan tersebut berupa pemanfaatan tiang lampu yang digunakan untuk promosi rengginang madu dan rambak petis, juga keripik balung kethek yang memanfaatkan pagar gazebo dan pada Kampung Batik Laweyan menggunakan intip untuk ditempatkan pada tutup tempat sampah dan kursi gasebo. Ada juga perancangan media promosi pendukung yang terdiri dari beberapa item seperti, kaos, paperbag, pin, gantungan kunci, blocknotes. Adapun promosi online menggunakan media sosial Instagram. Perancangan ditujukan kepada orang tua yang memiliki anak, terkhusus wanita berumur 20-30 tahunan yang memiliki daya beli. Diharapkan dengan keunikan perancangan ini dapat menarik perhatian dan membuat kesan yang mengena dibenak target. Kata Kunci: Oleh-Oleh Jongke, Ambient Media, Perancangan Promosi, Fasilitas Umum

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Oleh-Oleh Jongke, Ambient Media, Perancangan Promosi, Fasilitas Umum
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 27 Apr 2023 07:12
Last mod: 27 Apr 2023 07:12
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View item View item