IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SEPUR KLUTHUK JALADARA SEBAGAI IKON KOTA SOLO MELALUI TIPOGRAFI EKSPERIMENTAL EDUKASI DAN INFORMASI AKADEMIK

Downloads

Downloads per month over past year

PUTRA, JALU ANGGITA (2022) IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SEPUR KLUTHUK JALADARA SEBAGAI IKON KOTA SOLO MELALUI TIPOGRAFI EKSPERIMENTAL EDUKASI DAN INFORMASI AKADEMIK. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
Jalu Anggita_16151120_UP.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Kereta api merupakan alat transportasi umum yang cukup banyak diminati oleh masyarakat, trasnportasi ini juga menjadi salah satu ikon wisata di berbagai daerah, salah satunya kota Solo. Uniknya wisata kereta di kota Solo ini adalah kereta uap Jaladara atau biasa disebut Sepur Kluthuk Jaladara yang rute-nya melintasi tengah kota Solo, Sepur Kluthuk Jaladara bisa dikatakan sebagai salah satu ikonik dari kota Solo, namun masih banyak masyarakat di Indonesia khususnya Jawa Tengah dan sekitarnya kurang mengetahui adanya kereta uap wisata Sepur Kluthuk Jaladara. Maka dari itu tujuan perancangan ini adalah untuk merancang identitas Sepur Kluthuk Jaladara dan media promosi, identitas dari suatu subjek dapat dengan berbagai cara, salah satunya yaitu komunikasi visual. Unsur yang berpengaruh cukup besar dalam komunikasi visual adalah tipografinya. Rancangan identitas visual Sepur Kluthuk Jaladara ini akan berbasis tipografi eksperimental, kemudian akan di rancang juga media promosinya untuk menunjang eksistensinya menjadi ikon pariwisata kota Solo. Metode perancangan ini menggunakan tahapan pengumpulan data dengan kualitatif kemudian menganilisis dengan metode SWOT, untuk penciptaannya menggunakan metode Design Thinking meliputi define, research, ideate, prototyping, select, implementation, dan learn. Perancangan ini akan merancang tipografi eksperimental dengan gaya era Art Nouveau, diangkat dari tahun produksi lokomotif C1218 Jaladara. Tipografi ini terdiri dari lowercase, uppercase, number & punctuation dengan masing-masing terdapat jenis regular, italic dan experimental alternative. Media promosinya meliputi sosial media, website, poster, dan merchandise, yang didapatkan menggunakan metode AISAS model. Melalui media perancangan ini diharapkan dapat memperkenalkan kepada masyarakat mengenai identitas visual dapat berupa tipografi, sehingga jika menulis menggukan tipografi tersebut dapat menandakan brand image dari identitas visual Sepur Kluthuk Jaladara. Kata kunci : Tipografi Eksperimental, Identitas Visual, Pariwisata Historical Solo, Kereta Trem Wisata, Sepur Kluthuk Jaladara

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Kata kunci : Tipografi Eksperimental, Identitas Visual, Pariwisata Historical Solo, Kereta Trem Wisata, Sepur Kluthuk Jaladara
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 31 Mar 2023 03:35
Last mod: 31 Mar 2023 03:35
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View item View item