GAYA VINTAGE SEBAGAI IDE DASAR PERANCANGAN KEMASAN TEH MBOK KARTI

Downloads

Downloads per month over past year

Nugroho, Arbi (2021) GAYA VINTAGE SEBAGAI IDE DASAR PERANCANGAN KEMASAN TEH MBOK KARTI. S1 thesis, Institit Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
Arbi Nugroho.pdf

Download (921kB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

“GAYA VINTAGE SEBAGAI IDE DASAR PERANCANGAN KEMASAN TEH MBOK KARTI” (Arbi Nugroho, NIM 14151109) Tugas Akhir Karya Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Teh Mbok Karti merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan teh kering dalam kemasan yang sudah berdiri sejak tahun 1962 yang beralamat di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar yang merupakan brand pionir yang menjaga nilai tradisional yang menjadi ciri khas, karakter dan keunggulan. Di tengah persaingan pasar yang begitu ketat kini kemasan Teh Mbok Karti kurang diminati lantaran kemasan produk yang cenderung kurang menarik dibandingkan dengan kemasan kompetitor. Berdasarkan masalah diatas maka dibutuhkan perancangan kemasan baru dengan menerapkan gaya vintage pada visualisasi kemasan yang akan dibuat, hal tersebut dimaksudkan untuk dapat mengkomunikasikan brand image perusahaan kepada konsumen. Kesan gaya lama (vintage) pada visualisasi kemasan baru yang dirancang bertujuan agar konsumen dapat merasakan kembali kesan nostalgia tempo dulu yang merepresentasikan nilai tradisonal dan historis perusahaan. Dalam membuat perancangan desain kemasan diperlukan metode perancangan kemasan, metode yang digunakan mengacu pada buku “Desain Komunikasi Visual Terpadu” karya Yongky Savanayoung (2006:56) yang memiliki tujuh tahapan kompleks. Dalam upaya mencapai tujuan agar kemasan baru ini dapat dikenal baik oleh konsumen, diperlukan adanya strategi promosi yang tepat. Pada penerapan strategi promosi ini menggunakan pendekatan Uniqe Selling Proporsition (USP). Metode perancangan promosi mengacu pada buku yang berjudul “Strategi Kreatif Dalam Periklanan” karya Rama Kertamukti (2015:115–116) dengan tahapan, menentukan target audiens, menentukan tujuan beriklan, pemilihan media dan menentukan tujuan beriklan. yang kemudian diterapkan pada media promosi yang akan dirancang. Diharapkan dari perancangan kemasan yang akan dibuat mampu mengkomunikasikan citra brand perusahaan dan mendapatkan tempat tersendiri di benak konsumen sehingga mampu menambah daya tarik produk dan menambah daya jual dalam upaya memenangkan persaingan pasar. Kata Kunci: Kemasan, Gaya Vintage, Teh Mbok Karti, USP.

Type: Thesis (S1)
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design
User deposit: Raden Lalan Fuandara
Datestamp: 28 Feb 2023 08:02
Last mod: 28 Feb 2023 08:03
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View item View item