Suryawan, Prisa Adi (2021) STRATEGI KREATIF KAMPAYE “BECAK BERSERI: RESTORASI TEPONG BECAK”. S1 thesis, Institit Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Prisa Adi Suryawan Cut.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Becak Berseri merupakan gerakan sosial dengan tujuan untuk mengembalikan cirikhas tampilan becak di Surakarta dengan lukisan pada spakbor. Keberhasilan Becak Berseri merestorasi 11 becak di Surakarta, dengan melibatkan komunitas hand lettering dan industri kreatif dalam kegitan kampanye. penelelitan kajian ini berfokus pada strategi persuasif kampanye Becak Berseri menggunakan terori Richard M. Perloff (1993) dalam perancangan persuasinya, yang menggunakan metode wawancara dalam mengumpulkan data.tahap perancangannya Becak Berseri meliputi menggunakan pola pikir khalayak, komunikator terpercaya, pesan sesuai dengan keyakinan khalayak, melibatkan khalayak, dan memunculkan kekuatan diri khalayak dan menerjemahkan pesan dalam bentuk visual Ilustrasi pada konten Becak Berseri pendukung informasi bagi khalayak. Pemilihan jenis font memiliki nilai tingkat keterbacaan yang baik dapat mempermudah penyerapan informasi. Penggunaan warna oranye yang dominan membentuk identitas kampanye Becak Berseri, penggunaan jenis layout yang dinamis tidak membosankan shingga pesan tersampaikan dengan baik. Kata Kunci : Strategi Persuasif, Strategi Kreatif, Kampanye, Becak
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subject: | 1. ISI Surakarta > Desain Komunikasi Visual |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Visual Communication Design |
User deposit: | Raden Lalan Fuandara |
Datestamp: | 28 Feb 2023 06:41 |
Last mod: | 28 Feb 2023 06:41 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5841 |
Actions (login required)
View item |