PERAN SEMAR, GARENG, DAN PETRUK DALAM PERTUNJUKAN WAYANG KULIT PALEMBANG LAKON PRABU UKIRGELUNG NEGAK BLABAR KAWAT

Downloads

Downloads per month over past year

Johansyah, Johansyah (2015) PERAN SEMAR, GARENG, DAN PETRUK DALAM PERTUNJUKAN WAYANG KULIT PALEMBANG LAKON PRABU UKIRGELUNG NEGAK BLABAR KAWAT. S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Tesis Johansyah.pdf

Download (2MB) | Preview
Official url: http:\\repository.isi-ska.ac.id

Abstract

INTISARI Johansyah, 2015. “Peran Semar, Gareng dan Petruk dalam Pertunjkan Wayang Kulit Palembang Lakon Prabu Ukirgelung Negak Blabar Kawat”. Tesis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pertunjukan wayang kulit Palembang yang melibatkan peran teater Dulmuluk yang ditunjuk oleh dalang untuk berperan sebagai Semar, Gareng dan Petruk dalam lakon Prabu Ukurgelung Negak Blabar Kawat. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) bagaimana bentuk pertunjukan wayang kulit Palembang?. (2) mengapa Semar, Gareng dan Petruk dalam bentuk orang dihadirkan pada pertunjukan wayang kulit Palembang lakon Prabu Ukirgelung Negak Blabar Kawat?. (3) bagaimana peran Semar, Gareng dan Petruk dalam bentuk orang pada pertunjukan wayang kulit palembang lakon Prabu Ukirgelung Negak Blabar Kawat?. Bahan penelitian yang dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara, dan pengamatan langsung dan tidak langsung pada pertunjukan wayang kulit Palembang lakon Prabu Ukirgelung Negak Blabar Kawat. dalam penelitian ini digunakan analisis bentuk, kreativitas dan peran. Dengan menggunakan metode deskriptif analitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bentuk pertunjukan wayang kulit palembang garapan Wirawan Rusdi memberikan sentuhan baru bagi pelestarian dan pengembangan Wayang Kulit Palembang. (2) kehadiran panakawan dalam bentuk orang pada pertunjukan Wayang Kulit Palembang mengubah tatanan pertunjukan, namun mendapat respon yang baik dari penonton dan memberikan dampak yang positif, sehingga menjadikan Wayang Palembang hidup dan dikenali masyarakat kembali. (3) Peran Semar, Gareng dan Petruk dalam pertunjukan wayang kulit Palembang lakon Prabu Ukirgelung Negak Blabar Kawat adalah sebagai penghibur masyarakat, sebagai pelestari pertunjukan wayang kulit Palembang, sebagai pemberi pesan moral, sebagai pemantun, tontonan yang menarik, pembangun budaya palembang, pemersatu nilai seni dan budaya Palembang, pembangun kerukunan masyarakat, serta pembangun karakter bangsa. Kata Kunci : Wayang Kulit Palembang, Semar; Gareng; dan Petruk, Peran.

Type: Thesis (S2)
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Pascasarjana
Datestamp: 18 Jan 2017 07:00
Last mod: 18 Jan 2017 07:00
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View item View item