GAMELAND SEBAGAI DESAIN PENDIDIKAN GAMELAN BERBASIS METAVERSE

Downloads

Downloads per month over past year

Sasmita, Pelangi Dienna Deyane (0020) GAMELAND SEBAGAI DESAIN PENDIDIKAN GAMELAN BERBASIS METAVERSE. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
Pelangi Dienna Deyane Sasmita.pdf

Download (582kB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Kondisi keterbatasan di masa pandemi mengawali perubahan yang dramatis terhadap dunia pendidikan secara global. Teknologi menjadi satu-satunya yang dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran yang terbatas. Format pembelajaran daring pun diterapkan. Namun, pada kenyataannya format tersebut belum mampu menjangkau pembelajaran praktik, khususnya kelas-kelas praktik gamelan. Akibatnya target pembelajaran menjadi sulit tercapai. Di sisi lain, tren penggunaan metaverse telah menjamur diberbagai bidang dan menciptakan berbagai inovasi pengalaman baru dalam berinteraksi di dunia virtual. Melalui tulisan ini, penulisan merancang sebuah desain pendidikan berbasis gamelan dengan mengadopsi teknologi tersebut. Metode kepustakaan digunakan penulis untuk mendapatkan data melalui dokumen elektronik yang merujuk pada teknologi metaverse dan pendidikan secara global. Sumber-sumber tersebut menjadi bahan observasi dan analisis penulis selanjutnya. Hasil kajian ini menyebutkan bahwa teknologi metaverse sangat berpotensi dalam pengembangan bidang pendidikan. Gamelan hadir sebagai ide yang dicetuskan sebagai desain pendidikan berbasis gamelan yang dapat dijadikan salah satu solusi di era pendidikan masa depan.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Pendidikan, Gamelan, Virtual, Metaverse
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: Sartini Sartini S.I.Pust
Datestamp: 10 Dec 2024 08:07
Last mod: 10 Dec 2024 08:07
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6931

Actions (login required)

View item View item