Nego, Fajar Abed (2023) GAMELAND: DESAIN PENGEMBANGAN PERTUNJUKAN KARAWITAN BERBASIS VIRTUAL DIGITAL ONLINE METAVERSE SEBAGAI UPAYA PEMAJUAN KEBUDAYAAN. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Fajar Abed Nego.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Seni pertunjukan karawitan merupakan salah satu cabang seni yang ada di Indonesia. Seni pertunjukannya yang basisnya musik ini, masih tetap eksis dilakukan oleh para penggiat seni atau seniman karawitan. Karawitan juga salah satu seni pertunjukan yang sangat berpotensi untuk berkembang hingga ke kancah global. Di sisi lain, teknologi yang semakin pesat berkembang, memaksa tiap orang untuk terus berinovasi agar bisa mengikuti arus teknologi dunia. Gameland merupakan salah satu inovasi yang dicetuskan untuk pengembangan pertunjukan karawitan. Meskipun masih berupa rancangan, tetapi akan sangat mungkin untuk diimplementasikan di masa yang akan datang. Penelitian yang dilakukan untuk rancangan Gameland menggunakan metode kualiatif deskriptif. Dengan menggunakan teknologi virtual metaverse, rancangan ini diharapkan mampu sebagai media pengembangan pertunjukan karawitan, peningkatan ekonomi seniman, dan pemajuan kebudayaan. Melalui teknologi digital Gameland, para seniman bisa memainkan dan mengadakan pertunjukan karawitan dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Gameland hadir sebagai upaya dalam beradaptasi dengan kemajuan era agar seniman karawitan dapat terus eksis dan berkembang dengan relasi konektivitas tanpa batas melalui dunia virtual, metaverse.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Pengembangan; Pertunjukan; Virtual; Karawitan |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology |
User deposit: | Sartini Sartini S.I.Pust |
Datestamp: | 10 Dec 2024 07:24 |
Last mod: | 10 Dec 2024 07:24 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6927 |
Actions (login required)
View item |