Prakarsa, Thimoteus Dewa Dharma (2022) “RADHEYA”. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Thimoteus Dewa Dharma Prakarsa - POTONG.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
“Radheya” merupakan karya seni tari yang berangkat dari penemuan jati diri dengan berpatok pada tokoh wayang. Karya tersebut diciptakan untuk memenuhi syarat Tugas Akhir kekaryaan guna menempuh derajat Sarjana S-1 Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta. Ide dasar berangkat dari proses karakter tokoh wayang yang kehidupanya sangat berat degan dikolaborasikan pengalaman hidup pencipta semasa berproses menjadi seorang penari. Karya Radheya berangkat dari ide dasar karakter tokoh wayang sehingga garap bentuk, musik, gerak, busana, tata pangung dan lampu bersangkutan dengan garap wayang dan tari tradisi. Kolaborasi antara tari, wayang, dan gamelan merupakan suatu bentuk garap yang coba disajikan untuk menambah khasanah seni pertunjukan yang mengandalkan penekanan pada rasa dan nilai. Pesan kehidupan yang digali dan digarap untuk menumbuhkan kesadaran penikmat dan penonton dalam lambaran karya tari Radheya. Tahapan dalam proses Radheya melalui beberapa tahapan, yaitu menemukan gagasan dan ide, persiapan, penggarapan (ekplorasi, improvisasi, dan pembentukan), perenungan dan evaluasi. Hal ini sangat mendasar untuk menciptakan sebuah karya yang dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan akademis. Keberadaan karya tari dari inspirasi satu orang tokoh sudah banyak yang menggarap dan menguak akan tetapi dalam karya ini disangkutkan dengan kehidupan nyata dan kehidupan sosial pencipta. Kehidupan dalam keluarga adalah momen utama dalam penyampaian ide garapnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Karakter, Garap, Jati Diri |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Tari |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Dance |
User deposit: | Sartini Sartini S.I.Pust |
Datestamp: | 09 Dec 2024 06:50 |
Last mod: | 09 Dec 2024 06:50 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6914 |
Actions (login required)
View item |