Sena, Putra Bima (2024) BANJARAN ANTASENA SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI GRAFIS. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.
|
Text
Putra Bima Sena - Up.pdf Download (620kB) | Preview |
Abstract
Penciptaan karya tugas akhir berjudul Banjaran Antasena Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Grafis bertujuan untuk melestarikan budaya wayang melalui visual yang berbeda. Agar generasi muda dapat mengenal cerita dan karakter tokoh wayang kulit terutama pada cerita Banjaran Antasena. Penulis menggunakan ide dan gagasan yang berdasarkan dari pengamatan dan pengalaman pribadi yang kemudian muncul sebuah inspirasi dan menjadikannya ide gagasan sebagai konsep visual dan non visual. Metode yang akan digunakan dalam pembuatan karya seni grafis ini mengikuti pendekatan penciptaan yang dikembangkan oleh Alma Hawkins yang melibatkan tiga tahapan penting: eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Hasil yang diperoleh dari karya tugas akhir ini, adalah karya seni cetak grafis silkscreen dengan visual dan deskripsi yang dihadirkan terinspirasi dari lakon pewayangan Banjaran Antasena. Pesan dari penciptaan seni grafis ini diharapkan dapat solusi untuk melestarikan budaya Nusantara khususnya wayang dan juga meneladani sisi positif dari cerita Banjaran Antasena
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | Banjaran Antasena, Seni Grafis, Silkscreen. |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni |
Divisions: | Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts |
User deposit: | Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom |
Datestamp: | 09 Aug 2024 01:12 |
Last mod: | 09 Aug 2024 01:12 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6741 |
Actions (login required)
View item |