ANALISIS PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP FOTO IKLAN ROKOK SURYA PRO MILD EDISI “PASTI MENANG BANYAK”

Downloads

Downloads per month over past year

SONIA, ZALNA GINA (2023) ANALISIS PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP FOTO IKLAN ROKOK SURYA PRO MILD EDISI “PASTI MENANG BANYAK”. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta.

[img]
Preview
Text
ZALNA GINA SONIA FOTOGRAFI - UP.pdf

Download (1MB) | Preview
Official url: https://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Disinyalir meningkatnya jumlah perokok di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah keterpaparan iklan. Pemerintah menerbitkan PP No. 109 Tahun 2012 untuk melakukan pengendalian materi iklan sehingga banyak rokok yang menghadirkan iklan display dengan berbagai tema dan ide kreatif serta memiliki visual yang menarik. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah foto iklan rokok Surya Pro Mild edisi Pasti Menang Banyak disegmentasikan untuk kalangan muda usia 18-25 tahun. Menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam kepada narasumber. Adapun narasumber dalam penelitian ini adalah khalayak remaja akhir terdiri dari 4 orang mahasiswa program studi fotografi ISI Surakarta dan juga 4 orang pekerja. Fokus penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan faktor yang menarik perhatian khalayak remaja akhir terhadap foto iklan rokok Surya Pro Mild edisi Pasti Menang Banyak dan juga perspesi yang terbentuk. Dianalisis melalui tahapan persepsi Alex Sobur, unsur penyusun iklan display dan pendekatan fotografi dalam iklan. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor yang menarik perhatian khalayak remaja akhir dalam melihat foto iklan rokok Surya Pro Mild edisi Pasti Menang Banyak adalah teks headline dari segi efisiensi kata, menimbulkan rasa penasaran, melengkapi gambar kemudian pada gambar dari segi objek, warna, garis, teknik pengambilan gambar. Persepsi yang terbentuk terbagi menjadi 3 posisi, dilihat melalui pendekatan fotografi dalam iklan yaitu intelektual-faktual, emosional-sentimental, dan teknik fotografi. Pada pendekatan intelektual-faktual persepsi yang terbentuk adalah keunggulan produk walaupun pada foto iklan tersebut tidak menampilkan produk secara vulgar, kemudian pada emosional-sentimental adalah femisnisme, maskulin, gaya hidup, ajakan. Persepsi yang terbentuk melalui pendekatan teknik fotografi adalah susunan komposisi foto mempunyai tujuan tertentu

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Foto iklan, Rokok, Persepsi, Khalayak
Subject: 1. ISI Surakarta > Fotografi
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Photograpy
User deposit: Wahyu Karminah S.Sos., M.Ikom
Datestamp: 31 Jul 2024 20:51
Last mod: 31 Jul 2024 20:51
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6715

Actions (login required)

View item View item