Setiawan, Aris (2024) Ilusi Digital, Menolak Kontestasi, dan Merangkul Ekspresi. In: Menyemai Benih Kreativitas melalui Pendidikan Seni dan Budaya, 10 Juli 2024, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muria Kudus. (Unpublished)
|
Text
Ilusi Digital, Menolak Kontestasi, dan Merangkul Ekspresi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (822kB) | Preview |
Abstract
Di era digital, penggunaan smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan anak-anak, menyebabkan perubahan signifikan dalam cara mereka berinteraksi dengan dunia sekitar. Fenomena ini tidak hanya mempengaruhi keseimbangan aktivitas fisik dan virtual mereka tetapi juga meningkatkan perilaku narsistik akibat pengejaran validasi sosial melalui media sosial. Selain itu, anak-anak terjebak dalam filter bubble dan echo chamber yang membatasi eksposur mereka terhadap pandangan berbeda. Dampak negatif dari penggunaan smartphone berlebihan ini mencakup masalah kesehatan fisik dan mental, serta gangguan pada perkembangan identitas dan keterampilan sosial. Pendidikan seni menawarkan solusi untuk mengatasi dampak negatif ini dengan menyediakan ruang bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri secara bebas dan kreatif. Melalui kegiatan seni, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan sosial, empati, berpikir kritis, dan komunikasi. Seni juga membantu mereka mengelola stres dan meningkatkan kesehatan mental. Menolak kontestasi seni, seperti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dapat mengembalikan seni ke esensi aslinya sebagai medium ekspresi diri dan pemahaman yang mendalam, tanpa tekanan untuk menang. Pendidikan seni yang bebas dari kompetisi memungkinkan anak-anak menikmati proses kreatif, menemukan kebahagiaan, dan mengembangkan potensi diri secara optimal.
Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Not controling keyword: | Ilusi digital, pendidikan seni, kesehatan mental, anak-anak |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 24 Jul 2024 06:58 |
Last mod: | 02 Aug 2024 13:34 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6707 |
Actions (login required)
View item |