Putri, Ranggiel Meladiana (2023) MANUHARA, GENDHING KETHUK 2 ARANG MINGGAH 8 LARAS PELOG PATHET LIMA: KAJIAN GARAP SINDEN. S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.
|
Text
LAPORAN TA POT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi karya seni yang berjudul "Manuhara, gendhing kethuk 2 arang minggah 8 laras pelog pathet lima: Kajian Garap Sinden" dalam skripsi karya seni ini dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kajian garap sindhènan. Penulisan skripsi ini juga disesuaikan dengan konsep karya penyajian gending-gending tradisi. Skripsi karya seni ini banyak membahas mengenai ide garap dan analisis pada setap rangkaian gending, namun lebih mengutamakan garap sindhènan. Selain itu pada skripsi ini juga membahas mengenai sekilas latar belakang gending, tafsir pathet, dan tafsir céngkok sindhènan khususnya garap sindhènan gaya Surakarta. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Dimulai dengan merancang karya, penentuan sumber dan jenis data, kemudian mengumpulkan data. Pengumpulan data yang dilakukan seperti studi pustaka, observasi baik secara langsung maupun tidak langsung, serta wawancara. Setelah data terkumpul dilakukan analisis serta penyajian hasil analisis data. Hasil yang diperolah dari penelitian ini yaitu rangkaian gending dengan berbagi bentuk membentuk kesan musikal yang indah. Penerapan sindhènan dalam gendhing Manuhara ini dilakukan dengan beberapa perspektif sindhènan antara lain penempatan wangsalan dan abon-abon, garap gregel wiled, serta teknik sindhènan. Semua garap sindhènan yang disebutkan dapat membentuk estetika sindhènan dalam sajian gending. Kata kunci: gendhing Manuhara, gregel wiled, sindhènan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Not controling keyword: | gendhing Manuhara, gregel wiled, sindhènan |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Karawitan |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Karawitan |
User deposit: | Eko Sulistyo S.Sn |
Datestamp: | 18 Jul 2024 02:01 |
Last mod: | 18 Jul 2024 02:01 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6697 |
Actions (login required)
View item |