Setiawan, Aris (2024) Festival Seni Nasional, Sekolah, dan Kontestasi. Koran Tempo. ISSN -
|
Text
FLS2N.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (758kB) | Preview |
Abstract
Fenomena Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Indonesia telah menjadi sorotan menarik dalam dunia pendidikan seni. Artikel ini menyoroti paradigma kontestasi yang mengubah esensi seni dari medium berbagi pengalaman ke dalam arena kompetisi. Meskipun memberi kesempatan bagi siswa untuk mengasah bakat seni, FLS2N juga menimbulkan tekanan psikologis yang signifikan. Artikel ini membahas perbedaan antara belajar seni dan belajar melalui seni, menekankan pentingnya seni sebagai medium untuk memperkuat nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, dan empati. Namun, kontestasi dalam FLS2N sering kali menghilangkan esensi keaslian dan kreativitas siswa, menyebabkan stres dan ketidaksetaraan. Selain itu, artikel ini mengulas dampak kompetisi terhadap kondisi guru seni dan lingkungan sekolah secara keseluruhan. Dengan menyoroti ketidakadilan dalam partisipasi serta tekanan yang dialami guru, artikel ini mengajukan pertanyaan kritis tentang peran dan tujuan pendidikan seni di sekolah. Dalam konteks ini, penting untuk mengevaluasi ulang pendekatan kompetisi dalam dunia seni dan mendorong pendekatan yang lebih inklusif, kreatif, dan mendukung bagi perkembangan siswa secara menyeluruh.
Type: | Article |
---|---|
Not controling keyword: | Festival Seni Nasional, Kontestasi, Sekolah |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi |
Divisions: | Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 13 May 2024 04:35 |
Last mod: | 13 May 2024 04:35 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6560 |
Actions (login required)
View item |