Strategi Mempertahankan Popularitas Melalui Kegiatan Promosi Media Digital (Studi Kasus Pada Produksi Musik Hendra Kumbara)

Downloads

Downloads per month over past year

Fatima, Sephia Putri and Wrahatnala, Bondet and Manggala, Bondan Aji (2023) Strategi Mempertahankan Popularitas Melalui Kegiatan Promosi Media Digital (Studi Kasus Pada Produksi Musik Hendra Kumbara). S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
JURNAL_ACYNTIA_SEPHIA REVISI.pdf

Download (746kB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Setiap tahun Industri musik selalu menampilkan musisi baru dan memiliki ciri khas masing-masing dalam berkarya, tentu akan banyak seniman baru dengan karakter berbeda-beda. Salah satu strategi industri musik yang dilakukan yaitu meningkatkan marketing pada produksi musik. Hal ini tidak hanya soal promosi akan tetapi industri musik juga memikirkan tentang mencuri perhatian, membangun loyalitas, mendorong aksi, hingga bagaimana cara mengedukasi dan menghibur lewat konten yang disajikan. Hendra Kumbara merupakan musisi Jawa yang memiliki popularitas dikalangan anak muda di era digitalisasi, lagu Dalan Liyane merupakan salah satu karya yang menunjang kepopuleranya dimedia digital. Selain itu, Ia juga mengembangkan industri musik untuk ruang kreatif di kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi produksi musik Hendra Kumbara dalam mempertahankan popularitas melalui kegiatan promosi media digital. Penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka yang dipilih sesuai dengan topik pembahasan mengenai kreativitas bermusik dalam mempertahankan popularitas melalui media digital. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) produksi musik Hendra Kumbara dalam mempertahankan popularitas melalui kegiatan promosi media digital dengan mengetahui konsep produksi musik dan strategi pemasaran melalui platform media digital. (2) strategi yang dilakukan dengan mengetahui kemampuan musikal dan memasarkan karya musik melalui media platform digital Youtube, Instagram, TikTok, Spotify, Joox, I Tunes Apple music, Dezzer. Kata kunci: strategi, popularitas, musisi, media digital.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: strategi, popularitas, musisi, media digital
Subject: 1. ISI Surakarta > Etnomusikologi
Divisions: Faculty of Performance Arts > School of Etnomusicology
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 24 Apr 2024 04:06
Last mod: 24 Apr 2024 04:06
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View item View item