KOMODIFIKASI NILAI-NILAI LUHUR MASYARAKAT JAWA PADA ILUSTRASI KAOS BIJAK JAWA SEBAGAI BRAND IMAGE

Downloads

Downloads per month over past year

Rizaq, Moh Cholisatur (2023) KOMODIFIKASI NILAI-NILAI LUHUR MASYARAKAT JAWA PADA ILUSTRASI KAOS BIJAK JAWA SEBAGAI BRAND IMAGE. S2 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
TESIS Moh Cholisatur Rizaq 2023 Pot.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian terkait dengan “Komodifikasi Nilai-Nilai Luhur Masyarakat Jawa Pada Ilustrasi Kaos Bijak Jawa sebagai Brand Image” mengkaji terkait dengan fenomena komodifikasi oleh Bijak Jawa dengan menggunakan nilai-nilai luhur masyarakat Jawa menjadi sesuatu yang mempunyai nilai tukar dan brand image. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori komodifikasi Karl Marx untuk mengetahui proses komodifikasi dari kaos Bijak Jawa dan Arthur Asa Berger untuk membedah bentuk brand Hasil dari penelitian mengungkapkan latar belakang penggunaan nilai-nilai luhur masyarakat Jawa pada ilustrasi kaos Bijak Jawa sebagai brand image yaitu selain sebagai tujuan ekonomi, juga untuk mengenalkan nilai-nilai luhur masyarakat Jawa kepada masyarakat. Brand image yang dibentuk oleh Bijak Jawa merupakan hasil dari penerapan komodifikasi nilai-nilai luhur masyarakat Jawa yang diaplikasikan ke dalam ilustrasi kaos Bijak Jawa. Konsistensi dalam penerapan pepatah Jawa pada ilustrasi kaos membuat masyarakat mengenal Bijak Jawa sebagai kaos yang mengusung dan mengenalkan nilai-nilai masyarakat Jawa.

Type: Thesis (S2)
Not controling keyword: Bijak Jawa, Ilustrasi Kaos, Brand Image
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 30 May 2023 06:24
Last mod: 30 May 2023 06:24
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5941

Actions (login required)

View item View item