MEDIA PROMOSI CITY BRANDING “WORLD’S CITY OF BATIK” PEKALONGAN

Downloads

Downloads per month over past year

Susanti, Rifda Amalia (2018) MEDIA PROMOSI CITY BRANDING “WORLD’S CITY OF BATIK” PEKALONGAN. S2 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
TESIS Rifda Amalia Susanti 2018 pot.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MEDIA PROMOSI CITY BRANDING “WORLD’S CITY OF BATIK” PEKALONGAN. Rifda Amalia Susanti, 2018, Tesis, Pascasarjana Penciptaan dan Pengkajian Seni, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Penelitian ini membahas tentang strategi pemerintah kota Pekalongan dalam mempromosikan city branding “World’s City of Batik”. Tujuan penelitian ini yang pertama, menjelaskan strategi penerapan city branding Pekalongan “World City Of Batik” dari segi aset dan kekuatan kota, citra kota, dan promosi yang dilakukan pemerintah kota. Kedua, visualisasi brand “World’s City of Batik” dalam bentuk identitas visual, pemilihan media promosi, dan karakteristik visual dalam desain media promosi. Ketiga, menganalisis makna desain media promosi brand “World’s City of Batik”. Untuk mencapai tujuan, dibutuhkan metode penelitian kualitatif dnegan teknik pengumpulan data yaitu telaah dokumen, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini mengungkap tentang (1) City branding di kota Pekalongan berdasarkan aset yang dimiliki, dan citra kota dalam persepsi masyarakat. Aset ini meliputi positioning Pekalongan sebagai kota batik, pariwisata kreatif berbasis batik dan predikat kota kreatif dunia oleh UNESCO. Strategi promosi yang dilakukan untuk mempromosikan branding “World’s City of Batik”. (2) Identitas visual branding “World’s City of Batik” berupa visual guide line yang berisi logo, tagline, warna, dan tipografi. Identitas visual ini dikomunikasikan dalam media lini atas dan media lini bawah. Karakter visual yang ditampilkan berisi pesan-pesan yang mampu mempengaruhi dan meyakinkan masyarakat akan program pemerintah (3) terdapat karakteristik pesan dan karakteristik visual pada desain media promosinya. Dari makna yang ada, terdapat kesamaan isi pesan yaitu informasi mengenai potensi yang ada di kota Pekalongan. Tujuan pesannya adalah ajakan pemerintah untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan batik sebagai warisan budaya, dan ajakan pemerintah kepada wisatawan untuk mengunjungi kota Pekalongan.

Type: Thesis (S2)
Not controling keyword: City Branding, Kota Pekalongan, Promosi, Makna
Subject: 1. ISI Surakarta > Penciptaan dan Pengkajian Seni
Divisions: Faculty of Graduate Programs > School of Master Program (S2)
User deposit: Nyono Nyono Nyono
Datestamp: 08 Mar 2023 04:49
Last mod: 08 Mar 2023 04:49
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View item View item