PENERAPAN ELEMEN STRATEGI KREATIF DALAM PROGRAM SUPER 10 INDONESIA DI RAJAWALI TELEVISI EPISODE SELEBRASI

Downloads

Downloads per month over past year

PRAMESWARI, HIMA LAILY MADU (2021) PENERAPAN ELEMEN STRATEGI KREATIF DALAM PROGRAM SUPER 10 INDONESIA DI RAJAWALI TELEVISI EPISODE SELEBRASI. S1 thesis, ISI Surakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi - Hima Laily Madu Prameswari UP.pdf

Download (3MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

PENERAPAN ELEMEN STRATEGI KREATIF DALAM PROGRAM SUPER 10 INDONESIA DI RAJAWALI TELEVISI EPISODE SELEBRASI (Hima Laily Madu Prameswari, 16148112, 2021, Halaman i-xi dan 1-125) Skripsi S-1 Program Studi Film dan Televisi, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Skripsi berjudul Penerapan Elemen Strategi Kreatif dalam Program Super 10 Indonesia di Rajawali Televisi Babak Selebrasi menganalisis dan mendeskripsikan penerapan strategi kreatif program Super 10 Indonesia, khususnya episode selebrasi yang diproduksi secara taping. RTV telah melakukan pembelian lisensi dan melakukan adaptasi terhadap program variety show berjudul Super 10 dari Workpoint Entertainment. Babak selebrasi dipilih karena merupakan episode puncak program ini. Skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Strategi yang digunakan tim kreatif bersama produser dari praproduksi hingga pascaproduksi yaitu pencarian ide secara brainstorming, pengelolaan dana dengan financial oriented, pemilihan lokasi dengan barter, teknik produksi taping, pemilihan pengisi acara berdasarkan kriteria, memperhatikan kebijakan finansial, dan penonton yang ditargetkan, target penonton yang dicapai pada jam prime time, bahasa naskah menyesuaikan target penonton, format acara talent show non-kompetitif, punching line dengan cerita peserta, gimmick pertunjukan solo komedi dan fun fare di akhir acara, tune, bumper, penataan artistik, logo dan musik track menyesuaikan ketentuan dari Workpoint Entertainment, musik yang menonjolkan keahlian peserta, kostum yang menguatkan karakter, ritme yang sesuai grafik Lutters 1, rehearsals secara runthrough, interactive program berupa promosi, pengambilan gambar dengan multicamera, penyuntingan dengan penambahan detail elemen, dan evaluasi yang diakomodir. Salah satu elemen strategi kreatif yang tidak diterapkan adalah clip hanger.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Strategi Kreatif, Variety Show, Super 10 Indonesia
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: Eko Sulistyo S.Sn
Datestamp: 25 Nov 2022 09:13
Last mod: 25 Nov 2022 09:13
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5715

Actions (login required)

View item View item