PERMANA, GALIH ROSADI DWI (2016) SENI LUKIS KARYA ANAK MASA PRA-BAGAN (4-7 TAHUN) PADA LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL (Studi pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal dan SD Muhammadiyah 01 Surakarta). S2 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA.
|
Text
Galih Rosadi Dwi Permana.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
SENI LUKIS KARYA ANAK MASA PRA-BAGAN (4-7 TAHUN) PADA LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL (Studi pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal dan SD Muhammadiyah 01 Surakarta). (Galih Rosadi Dwi Permana 2015, xv dan 110 halaman) Skripsi S1 Program Studi Seni Rupa Murni, Jurusan Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Insitut Seni Indonesia Surakarta. Skripsi ini menjelaskan tentang seni lukis karya anak masa pra-bagan pada lembaga pendidikan formal, dengan mengambil karya lukis anak TK Aisyiah Bustanul Athfal dan anak SD Muhammadiyah 01 Surakarta. Adapun materi yang disajikan dalam skripsi ini meliputi: proses pembelajaran seni lukis anak TK dan SD pada masa pra-bagan, bentuk seni lukis karya anak pada masa pra-bagan, serta tipe seni lukis karya anak pada masa pra-bagan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek yang diteliti adalah hasil seni lukis karya anak TK dan SD pada masa pra-bagan. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi yang digunakan adalah teknik trianggulasi data dengan memanfaatkan data pendukung, selain wawancara dengan narasumber yang terkait. Analisis data menggunakan flow model of analisys (model mengalir) yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Peneliti menggunakan analisis interaktif untuk menjelaskan tentang proses pembelajaran, sedangkan untuk menjelaskan tipe seni lukis karya anak masa pra-bagan menggunakan interpretasi analisisberdasarkan teori tipologi seni lukis karya anak oleh Lowenfeld. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat kesamaan proses pembelajaran seni lukis anak di TK Aisyiah Bustanul Athfal dan SD Muhammadiyah 01 Surakarta. Perbedaan proses pembelajaran seni lukis TK dan SD pada masa pra-bagan adalah jam pelajaran yang digunakan, dimana SD memiliki waktu pelaksanaan pembelajaran seni lukis yang singkat jika dibandingkan dengan TK. (2) Anak pada masa pra-bagan telah dapat melakukan gerakan yang terkendali pada proses penciptaan karya seni lukis. Hasil lukis anak pada masa ini terdiri atas objek-objek yang seringkali dilihat. Pada teknik pewarnaan, seni lukis karya anak masa pra-bagan telah menghadirkan warna-warna sederhana dan hampir sesuai dengan objek asli. Namun, anak belum dapat menguasai penataan (ruang) dengan baik. (3) Karya seni lukis anak TK dan SD pada masa pra-bagan cenderung bertipe haptik. Kata kunci: Seni Lukis Anak, Pra-bagan, Lembaga Pendidikan Formal
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Not controling keyword: | Seni Lukis Anak, Pra-bagan, Lembaga Pendidikan Formal |
Subject: | 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni |
User deposit: | UPT. Perputakaan |
Datestamp: | 17 Nov 2016 05:09 |
Last mod: | 17 Nov 2016 05:09 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/565 |
Actions (login required)
View item |