PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA KULIAH SEMIOTIKA VISUAL

Downloads

Downloads per month over past year

Hudoyo, Sapto (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA KULIAH SEMIOTIKA VISUAL. Project Report. ISI Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Sapto Hudoyo_Lap Akhir DIPA 2020.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Model Explicit Instruction dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research pada sampel 31 mahasiswa Prodi Telvisi dan Film. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus 2 kali tatap muka menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penggunaan metode ini karena peneliti merasa motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada kenyataannya menjadi suatu masalah di lapangan. Instrumen yang digunakan adalah tes formatif, lembar observasi mahasiswa, dan portofolio mahasiswa. Teknik analisa data dilaksanakan melalui reduksi data,paparan data,dan penyimpulan. Dari penelitian ini didapat data bahwa motivasi belajar siswa siklus I dengan kategori sangat tinggi sebesar 41, 93 %, dan pada siklus II dengan kategori sangat tinggi meningkat menjadi 70,97 % sedangkan motivasi belajar mahasiswa dengan kategori tinggi pada siklus I sebesar 58,07 % menurun pada siklus II menjadi 29,03 %; dan. kedua siklus motivasi belajar siswa menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa. Untuk prestasi belajar mahasiswa pada siklus I dengan kategori sangat baik 6,45 %, kategori baik 60,45 %,dan kategori kurang 23,10 % dan pada siklus II prestasi belajar mahasiswa dengan kategori sangat baik meningkat menjadi 100 %. Dengan demikian dapat dibuat keputusan bahwa hipotesis tindakan diterima artinya motivasi belajar siswa meningkat, dant mendapatkan nilai yang lebih tinggi setelah menggunakan Model Explicit Instruction.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Model Explicit Instruction, Penelitian Tindakan Kelas, Motivasi belajar siswa, Prestasi belajar mahasiswa
Subject: 1. ISI Surakarta > Desain Interior
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Interior Design
User deposit: UPT. Perputakaan
Datestamp: 20 Apr 2022 07:39
Last mod: 20 Apr 2022 07:39
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/5261

Actions (login required)

View item View item