STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN ADiTV SEBAGAI STASIUN TELEVISI LOKAL BERNUANSA ISLAMI

Downloads

Downloads per month over past year

Octaviani, Luvy Yulia (2019) STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN ADiTV SEBAGAI STASIUN TELEVISI LOKAL BERNUANSA ISLAMI. S1 thesis, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LUVY YULIA_15148118.pdf

Download (2MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen yang dilakukan oleh ADiTV sebagai televisi lokal bernuansa Islami. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui metode observasi secara langsung bagaimana kerja manajemen penyiaran ADiTV, wawancara kepada kepala PPC, kepala Programming, Manajer Marketing, dan Manajer Teknik, dan studi pustaka berupa pola siar serta dokumen yang terkait dengan penelitian. Strategi manajemen penyiaran yang dijalankan oleh ADiTV melalui 3 pilar yaitu: teknik penyiran, program dan pemasaran sesuai dengan teori Morissan. Teknik penyiaran yang dipilih oleh ADiTV memalui 2 sistem yaitu: 1) menggunakan sistem terrestrial dan sistem streaming untuk menyiarkan programnya. Manajemen program yang dijalankan ADiTV yaitu: 1) perencanaan program ADiTV terbagi menjadi perencanaan program tahunan, semesteran, dan mendadak. 2) Tema yang dipilih pada saat proses praproduksi tidak boleh tema-tema yang mengandung gossip, provokasi, dan image negative. 3) host perempuan menggunakan hijab dan baju narasumber harus sopan dan rapi. 4) proses QC pada tahap editing dengan melakukan blur dan menghilangkan kata kasar dan adegan yang kurang pantas. 5) menghindari gaya editing dan audio yang memiliki nuansa Arab/Timur tengah agar berkesan modern. 6) melakukan kerjasama dengan MQ TV untuk menambah variasi program Islaminya. 7) Peletakan program Islami yaitu: Cahaya Robbani dan Tartil pada pukul 20.00 WIB dengan harapan selepas muslim beribadah mereka sudah bisa melihat tayangan Islami di ADiTV. 8) Evaluasi yang dilakukan setiap 1 minggu sekali terkait dengan tayangan programnya. Manajemen pemasaran yang dijalankan oleh ADiTV dilakukan dengan melakukan kegiatan barter, sponsorship, penjualan langsung, dan melalui media promosi. ADiTV melakukan proses kerjasama barter dengan produk Wardah, produk ini dikenal dengan produk aman dan halal untuk wanita Muslim sesuai dengan karakteristik ADiTV sebagai televisi bernuansa Islami.

Type: Thesis (S1)
Not controling keyword: Manajemen Penyiaran, ADiTV, Televisi Lokal, Islami
Subject: 1. ISI Surakarta > Televisi dan Film
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Television and Film
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 21 Dec 2020 06:18
Last mod: 21 Dec 2020 06:18
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4604

Actions (login required)

View item View item