PROYEK BRANDING KAMPUNG BANTARAN KALI BORO SEBAGAI PENGUATAN IDENTITAS KAMPUNG KREATIF DI KELURAHAN PURWODININGRATAN SURAKARTA

Downloads

Downloads per month over past year

Himawan, Muhammad Hendra and Anggoro, Albertus Rusputranto Ponco and Isnanta, Satriana Didiek (2019) PROYEK BRANDING KAMPUNG BANTARAN KALI BORO SEBAGAI PENGUATAN IDENTITAS KAMPUNG KREATIF DI KELURAHAN PURWODININGRATAN SURAKARTA. Project Report. Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Muhammad Hendra HImawan, S.Sn M.Sn.pdf

Download (10MB) | Preview
Official url: http://repository.isi-ska.ac.id/

Abstract

Penelitian PPM Tematik Kelompok ini merupakan program pemberdayaan warga kampung di bantaran kali Boro. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mem-branding kampung Bantaran Kali Boro, sebagai bagian dari Kampung Kreatif. Yang dilakukan dengan melalui serangkaian kegiatan untuk mengetahui sejauh mana kreativitas warga kampung di bantaran Kali Boro dalam mengelola lingkungan sekitar dan bagaimana kreativitas tersebut dikembangkan demi tercapainya sebuah kampung kretif dan mandiri dalam mengelola lingkungan dengan kreativitas seni. Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam upaya branding kampung ini diantaranya adalah 1.Workshop Merchandising berciri khas Kampung Joyoraharjan berupa : workshop cetak cetak reproduksi (patung miniature) serta workshop grafis dan sablonase. Workshop akan diberikan pada pemuda karang taruna kampung Joyoraharjan. 2. Workshop Batik Jumput dan Shibori, sebagai produk khas kampung Joyoraharjan. Workshop akan di berikan pada ibu-ibu dan remaja putri kampung Joyoraharjan. 3. Workshop Desain Product dan Kemasan (Packaging) untuk potensi kuliner warga kampung Joyoraharjan, sebagai bentuk inisiasi produk unggulan UMKM di Kampung Joyoraharjan. 4.Workshop Digital Marketing untuk publikasi potensi kesenian warga Kampung Kreatif Joyoraharjan. 5. Workshop Mural Sejarah Kampung bersama Anak-anak kecil 6. Penyelenggaraan Mini Festival Kampung - Kampung Kreatif Joyoraharjan, sebagai bagian dari event promosi dan branding kampung kreatif di Kota Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah Pemberdayaan Pada Masyarakat (PPM) Tematik untuk Kelompok Maysrakat Kampung Kota. Objek penelitian ini adalah masyarakat di bantaran Kali Boro. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan menentukan lokasi penelitian di kampung Joyoraharjan, Purwodiningratan, Jebres, Surakarta. Kegiatan yang akan dilakukan diantaranya adalah wawancara mendalam, pengamatan terlibat, analisis, focus group discussion, membuat model pemberdayaan, melakukan pendampingan, melakukan ujicoba model pemberdayaan, evaluasi model, dan diseminasi. Target luaran penelitian yaitu: Artikel yang dipublikasikan pada seminar Internasional, VCD model pemberdayaan kreativitas seni masyarakat, buku teks ber-ISBN dan Hak Cipta.

Type: Monograph (Project Report)
Not controling keyword: Pemberdayaan warga, Branding kampung, Bantaran Kali Boro, Seni Rupa
Subject: 1. ISI Surakarta > Seni Rupa Murni
Divisions: Faculty of Fine Art and Design > School of Fine Arts
User deposit: UPT. Perpustakaan
Datestamp: 13 Apr 2020 08:09
Last mod: 13 Apr 2020 08:09
URI: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4214

Actions (login required)

View item View item