Astutik, Sundari Juni (2019) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN ISI SURAKARTA. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished)
|
Text
Sundari Juni Astuti, S. I. pust..pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hubungan Antara Kompetensi Pustakawan Dan Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kompetensi pustakawan di Perpustakaan ISI Surakarta 2) Mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan ISI Surakarta dan 3) Mengetahui hubungan antara kompetensi pustakawan dan kualitas layanan di Perpustakaan ISI Surakarta. 4) Untuk mengetahui faktor-faktor kualitas layanan di Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasinya hanya 12 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan analisis deskriptif menggunakan mean dan grand mean diketahui bahwa : 1) Variabel Kompetensi Pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta, memperoleh nilai grand mean 4,179. Nilai tersebut berada pada rentang skala 3,40 – 4,20 yang menunjukkan bahwa kompetensi pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan berada pada tingkat yang tinggi. 2) Variabel Kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh pustakawan memperoleh nilai grand mean 4.248 Nilai tersebut berada pada rentang skala 4,20 - 5,00 yang menunjukkan bahwa Kualitas Layanan berada pada tingkat yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi data bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara kompetensi pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan dengan kualitas layanan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai signifikansi adalah 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 atau 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kompotensi profesional dan kompotensi personal berpegaruh signifikan terhadap Kualitas Layanan. Berdasarkan hasil analisis regresi yang dilakukan diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,703 atau 70,3% yang artinya bahwa pengaruh variabel independen yaitu variabel kompotensi profesional dan kompotensi personal terhadap Kualitas Layanan sebesar 70,3% sedangkan sisanya sebesar 29,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Not controling keyword: | Kompetensi Pustakawan, Kualitas Layanan, Mutu Layanan, Service Quality |
Subject: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | ISI Surakarta > ISI Surakarta |
User deposit: | UPT. Perpustakaan |
Datestamp: | 03 Feb 2020 08:13 |
Last mod: | 03 Feb 2020 08:13 |
URI: | http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4119 |
Actions (login required)
View item |